Pengasuhan anak yatim dalam perspektif al-qur’aN : studi tafsir mawdu‘I

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rouf, Abdul (2018) Pengasuhan anak yatim dalam perspektif al-qur’aN : studi tafsir mawdu‘I. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Rauf_F05509024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perhatian al-Qur’an terhadap pengasuhan anak yatim (ri’ayat al-yatim) terbagi menjadi dua, yaitu pengasuhan diri (ri’ayat al-nafs) dan pengasuhan harta (ri’ayat al- mal ). Ayat yang membahas ri’ayat al-yatim berjumlah 23 ayat. Dalam ayat tersebut dibahas tentang pengasuhan anak yatim (ri’ayat al-yatim) secara keseluruhan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimanakah anak yatim dalam perspektif al-Qur’an ?, 2).Bagaimana pengasuhan diri (ri‘ayat al-nafs) anak yatim dalam perspektif al-Qur’an?, 3).Bagaimana pemeliharaan dan pengelolaan harta (ri‘ayat al-mal) anak yatim dalam perspektif al-Qur’an ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Tafsir Mawdu’i, yaitu:Mawduí al-ayat, dan Teori pengasuhan digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengasuhan Diana B. Baumrind yaitu: authoritarian, authoritative dan permissive Hasil dari penelitian ini adalah: 1.a.Definisi Umum Anak yatim adalah seorang anak yang dibawah usia 21 tahun (laki-laki) dan 18 tahun (perempuan), yang telah kehilangan (mata/faqada) ibunya (Maternal Orphan),bapaknya (Paternal Orphan) atau keduanya (Lat}im) dan (Social Orphan). Secara khusus ada dua faktor keyatiman : anak yatim biologis dan anak yatim secara Psykologis 2. Batas usia keyatiman (kedewasaan anak yatim) dibagi menjadi : Psykologis, Filosofis, Yuridis, Sosiologis, dan Institusional., 2). Pola pengasuhan diri (ri‘ayat al-nafs) anak yatim dalam perspektif al-Qur’an adalah pengasuhan dengan pola pengasuhan authoritative 3). Pola pemeliharan harta anak yatim (ri’ayat al-mal) adalah pola authoritative entrepreneurship (al-Ri‘ayat al-Mauthuqah bi tanzim al-Mashru‘at). Implikasi teoretik dari temuan dalam penelitian ini adalah redifinisi pengertian anak yatim dan batas usia keyatiman (kedewasan), atau penguatan (kritikan dan tambahan) atas definisi sebelumnya, dan penguatan (dukungan) atas teori parenting style Diana B. Baumrind (authoritarian, authoritative dan permissive). Pola ini memberikan keleluasaan bagi pengasuh dan peneliti selanjutanya untuk mengembangkan penelitian secara kontektual pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rouf, Abdulabrouf671@gmail.comF0550924
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, Ridlwan--9990417233
Thesis advisorDjamaluddin, Burhan--2021125501
Subjects: Tafsir
Keywords: Pengasuhan; Anak yatim; Maudu'i.
Divisions: Program Doktor > Ilmu Keislaman
Depositing User: Rouf Rouf
Date Deposited: 31 Dec 2021 12:06
Last Modified: 31 Dec 2021 12:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51422

Actions (login required)

View Item View Item