Analisis intuisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dibedakan berdasarkan kemampuan matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zamhariro, Nita Safitri (2021) Analisis intuisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dibedakan berdasarkan kemampuan matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nita Safitri Zamhariro_D74216104.pdf

Download (3MB)

Abstract

Intuisi merupakan aktivitas berpikir dalam memahami dan sekaligus menemukan strategi yang tepat dan cepat dalam memecahkan masalah yang muncul secara spontan, bersifat segera, atau mungkin secara tiba-tiba dan representasinya dapat teramati melalui pola pikirnya dalam menghasilkan respon. Intuisi dalam proses pemecahan masalah terbagi menjadi 3 jenis yaitu afirmatori, antisipatori, dan konklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan intuisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang diambil dari kelas XI-IPA pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021, terdiri dari 2 peserta didik berkemampuan matematika tinggi, 2 peserta didik berkemampuan matematika sedang, dan 2 peserta didik berkemampuan matematika rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pemecahan masalah dengan metode think aloud dan wawancara, kemudian data tersebut dianalisis berdasarkan indikator intuisi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki kemampuan matematika tinggi cenderung menggunakan jenisi intuisi antisipatori dan konklusif. Peserta didik berkemampuan matematika sedang memiliki kecenderungan menggunakan jenis intuisi antisipatori. Peserta didik yang memiliki kemampuan matematika rendah cenderung hanya menggunakan jenis intuisi antisipatori.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zamhariro, Nita Safitrinitasafitrizamhariro@gmail.comD74216104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Keywords: Intuisi; Pemecahan Masalah Matematika; Kemampuan Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nita Safitri Zamhariro
Date Deposited: 31 Dec 2021 05:17
Last Modified: 31 Dec 2021 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51439

Actions (login required)

View Item View Item