Representasi sikap optimisme dalam Film Cahaya Cinta Pesantren

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Dini Indah (2021) Representasi sikap optimisme dalam Film Cahaya Cinta Pesantren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Indah Lestari_B05217020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran bentuk pesan yang dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat mengenai karya audio visual berupa film, serta menjelaskan nilai-nilai optimisme yang ada di dalam film, sehingga hal ini perlu dikaji.Pembahasan yang akan dijadikan penelitian dalam skripsi ini adalah Apa makna denotasi dan konotasi dalam film Cahaya Cinta Pesantren dan Bagaimana representasi optimisme yang terdapat pada film Cahaya Cinta Pesantren?. untuk membongkar persoalan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian Anaisis Teks Media Kualitatif model analisis wacana semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kritis yang meihat bahwa realita dalam kehidupan sosial bukan realita alami namun hasi dari rekontruksi. Dimana setiap karya berupa film dibuat berdasarkan kepentingan yang ingin disampaikan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam “film Cahaya Cinta Pesantren” optimisme direpresentasikan menjadi 3 yaitu; (a) optimisme dalam menghadapai hambatan atau kesulitan (b) optimisme dalam mengambil keputusan terbaik (c) optimisme dalam merubah karakter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Dini Indahdiniindahles16@gmail.comB05217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatikom@uinsby.ac.id197301141999032004
Subjects: Dakwah > Semiotika
Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Representasi; Sikap optimisme; Cita-cita.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dini Indah Lestari
Date Deposited: 31 Dec 2021 05:33
Last Modified: 31 Dec 2021 05:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51440

Actions (login required)

View Item View Item