Analisis nilai pendidikan karakter dalam Cerita Dongeng pada Buku Tematik Kelas 2 Tema 7

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Kartini Tria (2021) Analisis nilai pendidikan karakter dalam Cerita Dongeng pada Buku Tematik Kelas 2 Tema 7. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kartini Tria Putri_D97217097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nilai karakter menjadi sangat penting dalam mengimbangi era digital saat ini. Telah marak terjadi berbagai kasus moral seperti prostitusi online anak di bawah umur, narkoba, tawuran, cyberbullying dan kasus moral lainnya, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Oleh karena itu, perlu Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai sarana untuk menanamkan nilai karakter baik pada peserta didik. Namun dalam penerapannya, guru mengalami beberapa kesulitan termasuk pada media pendidikan karakter. Pada buku tematik kelas 2 tema 7 terdapat cerita dongeng yang dapat dijadikan sebagai media pendidikan karakter. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apa saja nilai pendidikan karakter dalam cerita dongeng pada buku tematik kelas 2 tema 7 dan 2) Bagaimana relevansi nilai pendidikan karakter dalam cerita dongeng pada buku tematik kelas 2 tema 7 dengan sub nilai karakter pada Permendikbud No.20 Tahun 2018.Penelitian Library Research ini menggunakan teknik analisis isi. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi yang mengacu pada indikator nilai karakter. Pada keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas yaitu peningkatan ketekunan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Nilai pendidikan karakter dalam cerita dongeng pada buku tematik kelas 2 tema 7 yaitu nilai religius, nilai mandiri, nilai gotong royong, dan nilai integritas. Dari sepuluh cerita dongeng, terdapat 5 cerita yang mengandung nilai religius, 0 cerita yang mengandung nilai nasionalis, 4 cerita yang mengandung nilai mandiri, 5 cerita yang mengandung nilai gotong royong, dan 5 cerita yang mengandung nilai integritas, 2) Relevansi nilai pendidikan karakter dalam cerita dongeng pada buku tematik kelas 2 tema 7 dengan sub nilai karakter pada Permendikbud No.20 Tahun 2018 yaitu nilai religius relevan dengan sub nilai cinta damai; nilai mandiri relevan dengan sub nilai kerja keras, tangguh tahan banting, kreatif dan pemberani; nilai gotong royong relevan dengan sub nilai kerja sama, tolong menolong, dan solidaritas; nilai integritas relevan dengan sub nilai kejujuran, setia, komitmen moral, keadilan, dan tanggung jawab; nilai nasionalis tidak muncul dalam cerita dongeng pada buku tematik kelas 2 tema 7.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Kartini Triakartinitria790@gmail.comD97217097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, SihabudinUNSPECIFIED197702202005011003
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Nilai Pendidikan Karakter; Cerita Dongeng; Buku Tematik Kelas 2 Tema 7.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kartini Putri
Date Deposited: 31 Dec 2021 06:37
Last Modified: 31 Dec 2021 10:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51445

Actions (login required)

View Item View Item