Penerapan pendidikan kedisiplinan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal Santri: studi kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana (2020) Penerapan pendidikan kedisiplinan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal Santri: studi kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi_F03117048.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan kedisiplinan santri merupakan elemen terpenting dan sarana paling efektif di Pondok Modren Darussalam Gontor, penerapan kedisiplinan santri bertujuan untuk mendidik santri agar sanggup mengatur diri sendiri sehingga mampu mengembangkan kecerdasan interpersonal santri. Adapun tujuan penelitian ini, untuk memahami, menganalisis dan menemukan model penerapan pendidikan kedisiplinan dan formulasi pengembangan kecerdasan interpersonal di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analalis digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Model penerapan pendidikan kedisiplinan di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dapat dipresentasikan sebagai berikut: a. menetapkan kedisiplinan sebagai nilai dasar perilaku pesantren; b. merumuskan area disipliner; c.merumuskan tujuan pendidikan kedisiplinan, d. menggunakan beberapa metode; e.pendekatan pendidikan kedisiplinan; f. menentukan penanggung jawab dalam pelaksanaan pendidikan kedisiplinan; g. menentukan sistem pengawasan pendidikan kedisiplinan santri di pondok pesantren. 2. Formulasi pengembangan kecerdasan interpersonal santri melalui penerapan pendidikan kedisiplinan di pondok, dapat dipresentasikan sebagai berikut: a. dimensi kecerdasan interpersonal yang dikembangkan, meliputi: 1) social sensitivity (memiliki kepekaan dalam bersosialisasi), 2) social insight (mampu pemecahan masalah dalam bersosialisasi), 3) social communication. b. Proses dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal santri, melalui: 1) internalisasi nilai-nilai pesantren (Pancajiwa); 2) metode internlisasi nilai pesantren, meliputi: penugasan, pemberian teladan dan pembiasaan dengan aturan kontrol, 2) Strategi dan metode pengembangan kecerdasan interpersonal yang meliputi: a) orientasi pendidikan pesantren, b) keterlibatan guru dalam pendidikan, c) adanya sosialisasi nilai pendidikan pesantren, d) adanya penciptaan lingkungan berkehidupan totalitas.Temuan penelitian ini memperkuat tentang adanya perubahan perilaku pada teori behavioristik: 1. Teori behavioristik merupakan teori belajar yang lebih menekankan pada perubahan tingkah laku serta sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon, perubahan perilaku bersifat reflek dari adanya stimulus dan respon, dan pada perkembangan teori behavioristik bahwa pembelajaran dan pendidikan juga akibat reaksi yang timbul sebagai hasil interaksi antara lingkungan dengan skema kognitif individu itu sendiri, 2. Teori behavioristik terdiri dari 4 macam, yaitu: connectionism, classical conditioning, operant conditioning, dan social learning theory (reciprocal determinism) Bentuk penerapan pendidikan kedisiplinan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal di pondok pesantren tersebut mempunyai bentuk yang bersifat gradual dari keempat teori tersebut, dan yang realistic expected dengan model reciprocal determinism akan melahirkan kecerdasan interpersonal yang diharapkan.Diharap peneliti lanjut untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang motivasi intrensik dan ekstrensik dalam kepatuhan dan ketaatan santri pada kedisiplinan di pesantren yang berkiatan dengan pembentukan kepribadian santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana--F03117048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pesantren
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Kedisiplinan; Kecerdasan Interpersonal; Pesantren.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Yusron
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:32
Last Modified: 04 Jan 2022 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51459

Actions (login required)

View Item View Item