Eksplorasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis neo-modernisme pada buku Khazanah Intelektual Islam karya Nurcholish Madjid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Nida Anisah (2021) Eksplorasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis neo-modernisme pada buku Khazanah Intelektual Islam karya Nurcholish Madjid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nida Anisah Firdaus_D91217121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini pembaruan pendidikan Islam menjadi tuntutan keberlangsungan hidup di dunia pendidikan Islam. Menengok kemunduran dan ketertinggalan umat Islam saat ini, maka pokok dari pembaruan pendidikan Islam adalah berusaha membenamkan pola pikir lama yang sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman (future oriented) dan berusaha mencapai aspek-aspek yang menunjang untuk memfleksibelkan diri dengan perkembangan zaman. Pendidikan Islam yang sebenarnya adalah kesinambungan antara orientasi duniawi dan ukhrawi, keseimbangan antara imtaq dan iptek, sehingga dapat memproduksi kesejahteraan spiritual dan material. Nurcholish Madjid adalah salah satu tokoh sekaligus pelopor pembaruan pendidikan Islam berbasis neo-modernisme yang masyhur dan masih sangat relevan hingga saat ini. Melalui karyanya, yakni Khazanah Intelektual Islam serta pandangannya mengenai neo-modernisme Islam kemudian memunculkan nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat memberi jawaban atas problema pendidikan Islam dewasa ini. Dalam penelitian ini, ada dua tujuan yang dicapai, yakni: (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam berbasis neo-modernisme pada buku Khazanah Intelektual Islam karya Nurcholish Madjid, (2) untuk menjawab dan mengetahui urgensi pendidikan Islam berbasis neo-modernisme Nurcholish Madjid dalam problem pendidikan Islam kontemporer. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilakukan dengan berpondasi pada data-data kepustakaan, yakni: dengan mengkaji dan mengeksplor buku Khazanah Intelektual Islam karya Nurcholish Madjid, serta buku-buku dan karya-karya Nurcholish Madjid yang lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 5 nilai pendidikan Islam berbasis neo-modernisme yang terkandung dalam buku Khazanah Intelektual Islam, yakni: (1) nilai integritas (tauhid), (2) nilai keseimbangan, (3) nilai persamaan dan pembebasan, (4) nilai kontinuitas berkelanjutan, dan (5) nilai kemaslahatan dan keutamaan. Adapun urgensi pendidikan Islam berbasis neo-modernisme terhadap pendidikan Islam kontemporer, Madjid membaginya menjadi dua, yaitu: 1) pada dimensi ketuhanan, yang mengacu pada pola sistem pendidikan berlandaskan al-Qur’an, ibadah-ibadah formal, dan mendekatkan upaya internalisasi nilai-nilai ketaqwaan sebagai prioritas utama, 2) pada dimensi kemanusiaan, yang mengacu pada kegiatan yang tidak sebatas transmisi keilmuan, atau sekedar pembinaan kognitif, melainkan mengupayakan internalisasi nilai-nilai agama pada aspek afektif dan kehidupan bermasyarakat sehari-hari, juga merujuk pada penguasaan soft skill dan hard skill.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Nida Anisahnidaanisah20@gmail.comD91217121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Nilai-nilai pendidikan Islam; neo-modernisme; Khazanah intelektual Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nida Anisah Firdaus
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:45
Last Modified: 18 Mar 2022 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51472

Actions (login required)

View Item View Item