Perubahan kecerahan game 2 dimensi berdasarkan realitas nyata ekspresi wajah Berbasis Metode Convolutional Neural Network

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Navisa, Salma (2022) Perubahan kecerahan game 2 dimensi berdasarkan realitas nyata ekspresi wajah Berbasis Metode Convolutional Neural Network. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salma Navisa_H76217048.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan game bergantung pada kondisi pemain. Selama game berlangsung, pemain cenderung memunculkan keadaan mereka melalui ekspresi wajah. Keadaan ini dapat digunakan sebagai pengembangan game untuk dikombinasikan dengan ekspresi wajah pemain, seperti face expression recognition (FER). Dalam penelitian ini membahas tentang game Flappy Bird yang menggunakan FER sebagai simulasi pada perubahan masking layer. Selama permainan berlangsung, webcam menangkap citra wajah secara real-time dan di deteksi ke dalam kategori menggunakan metode CNN. Kemudian output dari hasil deteksi ekspresi dikirim pada sistem game untuk mengubah masking layer dengan tingkat kegelapan masing-masing berdasarkan kelas angry (100 %), happy (5 %), dan neutral (50 %). Aplikasi ini berhasil dijalan pada kedua dataset menghasilkan akurasi sebesar 88% pada dataset CK+ dengan tingkat error 0.39 dan 76 % pada dataset custom dengan tingkat error 0.48 selama 100 epoch. Sehingga mendapatkan nilai dari hasil deteksi FER pada kamera webcam dengan aplikasi flappy bird menunjukkan keberhasilan 78 %. Algoritma CNN dapat menghasilkan nilai error yang rendah dengan tingkat nilai akurasi yang tinggi dalam pengujian kfold cross validation dan ROC.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Navisa, Salmasalmanavisa10@gmail.comH76217048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id198810262014031003
Subjects: Komputer
Matematika
Tehnik Informatika
Keywords: Face Expression Recognition; Detection; Convolutional Neural Network; Game; Flappy Bird; Masking Layer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Salma Navisa
Date Deposited: 02 Jul 2022 04:36
Last Modified: 02 Jul 2022 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51510

Actions (login required)

View Item View Item