Efisiensi adsorben karbon aktif kulit buah mahoni dalam menurunkan kesadahan pada air tanah: studi kasus di Desa Dahor, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriyani, Dina Wahyu (2022) Efisiensi adsorben karbon aktif kulit buah mahoni dalam menurunkan kesadahan pada air tanah: studi kasus di Desa Dahor, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Wahyu Indriyani_H75217030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat daerah Tuban mengalami kejadian penyakit batu ginjal akibat dari pengaruh penggunaan air tanah. Sekitar 10 orang terindetifikasi memiliki permasalahan batu ginjal di desa di Dahor, Tuban. Tingkat kesadahan di daerah Dahor, Tuban tersebut sebesar 1.000 mg/L, hal ini melebihi baku mutu berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492 Tahun 2010 tentang persyaratan kualitas air minum, kadar maksimum untuk kesadahan (CaCO3) adalah 500 mg/L. Dengan tingginya tingkat kesadahan tersebut, maka diperlukan proses pengolahan air sumur, salah-satunya dengan proses adsoprsi menggunakan kulit buah mahoni. Kulit buah mahoni dapat dimanfaatkan sebagai arang untuk menurunkan kesadahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi penurunan kesadahan air tanah di desa Dahor dengan menggunakan adsorben kulit buah mahoni. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan kulit buah mahoni yang dibuat sebagai arang aktif dengan menggunakan variasi aktivasi konsentrasi larutan KOH yang berbeda yaitu 1N, 2N dan 3N. Aktivasi dilakukan selama 24 jam. Penelitian menggunakan reaktor sederhana bersistem batch dengan pengadukan sebesar 150 rpm. Penelitian ini menggunakan perbandingan variasi waktu yaitu 60 menit, 80 menit, 100 menit dan 120 menit. Untuk mengetahui kadar kesadahannya dilakukan uji kesadahan total dengan menggunakan metode titrimetri. Penelitan ini menghasilkan nilai efisiensi tertinggi sebesar 28% pada variasi waktu 80 menit dan dengan konsentrasi aktivasi KOH 2N, penurunan kesadahan dengan menggunakan kulit mahoni ini termasuk memiliki nilai yang sangat kecil dengan beberapa nilai efisiensi menunjukkan nilai negatif. Sementara, uji isoterm yang dilakukan pada penelitian ini menunjukan menggunakan permodelan isoterm Freudlich dengan nilai R2 paling besar senilai 0,583.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriyani, Dina Wahyuindridina384@gmail.comH75217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id198411302015032001
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Adsoprsi; Isoterm; Kesadahan; KOH; Kulit Buah Mahoni.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Dina Wahyu Indriyani
Date Deposited: 29 Jan 2022 10:48
Last Modified: 29 Jan 2022 10:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51520

Actions (login required)

View Item View Item