Kontestasi wacana keislaman mengenai keakidahan antara portal Muslim.Or.Id dan Nu.Or.Id: analisis framing Robert Entman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tohari, Achmad (2022) Kontestasi wacana keislaman mengenai keakidahan antara portal Muslim.Or.Id dan Nu.Or.Id: analisis framing Robert Entman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Tohari_E91217027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi portal media keislaman mengenai masalah keakidahan media online Muslim.or.id dan Nu.or.id. Penulis menganalisis terkait bagaimana pembingkaian media keislaman dalam melihat permasalahan akidah yang sering dibicarakan dalam keseharian pada portal media Muslim.or.id dan Nu.or.id. Penulis juga menganalisa pengembangan dari media keislaman yang ada di Indonesia dengan bertolak pada sejarah media keislaman di Indonesia. Dalam penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif yang mana penulis menggunakan metode analisis Framing Robert Entman dalam menganalisa portal media Muslim.or.id dan Nu.or.id mengenai keakidahan pada postingan medianya. Penelitian ini berkesimpulan bahwa portal media keislaman mengalami pengembangan yang signifikan terlebih kemunculan media-media baru yang berafiliasi dengan organisasi yang dinaunginya dengan basis media nya di internet pasca orde baru, analisis framing didapatkan kesimpulan bahwa antara Muslim.or.id dan Nu.or.id dalam pembahasan mengenai keakidahan terlihat keduanya saling memberikan kontribusinya, namun dilihat dari isi postinganya bahwa Muslim.or.id lebih sering memuat pembaruan dalam isi medianya daripada media Nu.or.id yang lebih terlihat menunggu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tohari, Achmadtohariachmadd@gmail.comE91217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Media Massa
Keywords: Pengembangan media Islam; kontestasi wacana; framing Robert Entman
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Achmad Tohari
Date Deposited: 11 Feb 2022 17:12
Last Modified: 11 Feb 2022 17:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51522

Actions (login required)

View Item View Item