Pengaruh social presence dan social support terhadap kepercayaan pengguna di social commerce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Dani Basith al (2022) Pengaruh social presence dan social support terhadap kepercayaan pengguna di social commerce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dani Basith Al Ali_H06216007 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dani Basith Al Ali_H06216007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media sosial saat ini menjadi instrumen utama dalam penyebaran informasi tentang perusahaan, barang, dan jasa. Social commerce merupakan ruang interaksi yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk terlibat langsung dengan konsumen untuk mengarah ke transaksi. Namun, dalam konteks social commerce, ada tingkat ketidakpastian yang tinggi karena banyaknya konten yang dibuat pengguna dan kurangnya kontak tatap muka. Oleh karena itu, sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna social commerce karena mereka tidak dapat menjamin kredibilitas dan keaslian konten yang dibuat pengguna. Sehingga tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa faktor social presence dan social support memiliki pengaruh terhadap kepercayaan pengguna di social commerce. Data yang diperoleh sebanyak 352 dari pengguna social commerce yang pernah melakukan pembelian secara online. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel social presence dan social support berpengaruh positif dan signifikan. Sehingga untuk meningkatkan kepercayaan pengguna di social commerce adalah dengan cara meningkatkan kehadiran sosial (social presence) dan dukungan sosial (social support), dengan begitu kepercayaan pengguna social commerce bisa dilakukan dan ditingkatkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Dani Basith aldanibasithalali@gmail.comH06216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorMilad, Mohammad Khusnum.milad@uinsby.ac.id0729017902
Subjects: Tehnik Informatika
Keywords: Social presence; social support; kepercayaan; social commerce
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Dani Basith Al Ali
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:20
Last Modified: 11 Dec 2023 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51538

Actions (login required)

View Item View Item