Analisis kandungan Klorofil-A di perairan dan hubungannya dengan kelimpahan Fitoplankton serta Parameter Fisika Kimia Perairan: studi kasus Perairan Gelung, Kabupaten Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alam, Tirza Rinda (2022) Analisis kandungan Klorofil-A di perairan dan hubungannya dengan kelimpahan Fitoplankton serta Parameter Fisika Kimia Perairan: studi kasus Perairan Gelung, Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tirza Rinda Alam_H74217040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perairan Gelung banyak dimanfaatkan untuk berbaga kegiatan manusia yang tentunyaidapat menyebabkaniperubahan faktor fisika,kimia dan biolog pada perairan tersebut. Penelitian ini bertujuaniiuntuk mengetahui kandungan klorofil-a di Perairan Gelung serta hubungannya dengan kelimpahan fitoplankton dan parameter fisikai kimia di Perairan Gelung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metodeisurvey danianalisis data menggunakan regresi linier berganda. Terdapat 8 titik stasiun yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Pengambilan data dimulai dari bulan Maret – Mei 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwaiikonsentrasi klorofil-a berkisar antara 0,54 mg/l – 0,92 mg/l, Konsentrasi klorofil-a ini memiliki keterkaitan kuat dengan kelimpahan fitoplankton di Perairan Gelung. Sedangkan hubungan kandungan klorofil-a di Perairan Gelung dengan parameter fisika kimia berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda didapatkan nilai adjusted R2 0,478, yang diartikan bahwa nilai persentase pengaruh variabel suhu, salinitas, kecerahan, DO, pH, nitrat dan fosfat terhadap klorofil-a adalah sebesar 47,8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu, parameter fisika kimia perairan yang memiliki keterkaitan kuat terhadap kandungan klorofil-a di Perairan Gelung adalah faktor suhu dan nitrat. Sedangkan faktor kecerahan, salinitas, pH, oksigen terlarut dan fosfat tidak memiliki keterkaitan terhadap distribusi klorofil-a di Perairan Gelung, Kabupaten Situbondo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alam, Tirza Rindatirzarinda13@gmail.comH74217040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah@uinsby.ac.id201409003
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.is198908242018012001
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Klorofil-a; Fitoplankton; Regresi Linie Bergand; Parameter Perairan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Ms Tirza Rinda Alam
Date Deposited: 30 Jan 2022 05:25
Last Modified: 30 Jan 2022 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51585

Actions (login required)

View Item View Item