Perancangan sekolah BISA dengan pendekatan Sustainable Architecture di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Muzakki, Haidarulloh (2022) Perancangan sekolah BISA dengan pendekatan Sustainable Architecture di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haidarulloh Al Muzakki_H73217031.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah ekonomi menjadi faktor penyebab anak putus sekolah. Kondisi ekonomi keluarga yang miskin sehingga tidak mampu membayar biaya pendidikan di Indonesia yang semakin mahal. Program pendidikan gratis yang diterapkan pemerintah masih dianggap belum efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyak dijumpai di beberapa daerah seperti di Kabupaten Sidoarjo, anak putus sekolah dan tidak sedikit pula yang harus bekerja untuk membantu perekonomian keluarganya. Menanggapi isu tersebut, Sekolah BISA kependekan dari bebas biaya merupakan salah satu solusi untuk memberikan fasilitas pendidikan bagi anak-anak putus. Dengan metode pembelajaran non-formal, anak marjinal dapat memperoleh fasilitas pendidikan tanpa harus mengganggu aktivitas utama mereka yaitu bekerja. Dengan menggunakan pendekatan Sustainable Architecture atau Arsitektur Berkelanjutan, Sekolah BISA dirancang untuk menerapkan konsep-konsep Sustainability ke dalam proses perancangannya (Economic Sustainability), kondisi penggunanya (Social Sustainability) dan keberadaan bangunan terhadap lingkungan disekitarnya (Environment Sustainability).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Muzakki, Haidarullohhaidarullohalmuzakki067@gmail.comH73217031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id198103042014031001
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com198111182014032002
Subjects: Arsitektur
Keywords: Sekolah Non-Forma; Kabupaten Sidoarjo; Sekolah BISA; Sekolah Bebas Biaya; Arsitektur Berkelanjutan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Haidarulloh Al Muzakki
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:26
Last Modified: 27 Jan 2022 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51589

Actions (login required)

View Item View Item