This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azkamillati, Fina (2016) Efektivitas Kegiatan Pembelajaran KPI (Kecakapan Penerapan Ibadah) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai (Fiqih); Studi Kasus di Smp Ypm-5 Driyorejo-Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover .pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (999kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di daerah Sumput-Driyorejo dan sekitarnya, banyak anak-anak yang bersikap negatif dan meresahkan desa. Itu di sebabkan kurangnya perhatian dari kedua orang tua mereka yang sebagian besar bekerja sebagai buruh pabrik yangmana waktu bekerjanya pagi hingga sore hari atau sebaliknya. Sehingga, apa yang dilakukan anak-anak selama mereka belum pulang tidak bisa di monitoring orang tua.
Oleh karena itu, para orang tua mensiasatinya dengan memasukkan anak-anak mereka ke dalam lembaga pedidikan yang memiliki banyak pembelajaran agamanya. Seperti lembaga pedidikan SMP YPM-5 Driyorejo-Gresik, lembaga ini mengembangkan kurikulum sekolahnya menjadi kurikulum berkarakter yang berasaskan islam. Dan pengembangan kurikulum di SMP YPM-5 Driyorejo-Gresik tersebut berupa pembelajaran baru yaitu pembelajaran KPI (kecakapan penerapan ibadah) yangmana menggunakan alat ajar Kegiatan Pembelajaran KPI dan untuk memonitoringnya menggunakan buku monitoring KPI. Hal tersebut bertujuan agar terselesainya keresahan para orang tua terhadap pendidikan agama anak mereka.
Sehingga, dari permasalahan di atas penulis ingin meneliti tetang ke-Efektifitas Kegiatan Pembelajaran Kpi (Kecakapan Praktek Ibadah) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai (Fiqih); Studi Kasus Di Smp Ypm-5 Driyorejo-Gresik. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara variabel X yakni Kegiatan Pembelajaran KPI (kecakapan Penerapan Ibadah) dan variabel Y yakni Meningkatnya Hasil Belajar PAI terutama mapel Fiqih peserta didik sebanyak 0,677> 0,361 dengan menggunakan taraf signifikansi 5 % atau 0,05. Alhasil, kesimpulan yang dapat ditarik adalah tinggi rendahnya nilai hasil belajar PAI mapel Fiqih ada hubungannya dengan Kegiatan Pembelajaran KPI (Kecakapan Penerapan Ibadah). Dan dalam penelitian ini Kegiatan Pembelajaran KPI (Kecakapan Penerapan Ibadah) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar PAI terutama mapel Fiqih peserta didik di SMP YPM-5 Driyorejo-Gresik.
Dengan kata lain Kegiatan Pembelajaran KPI (Kecakapan Penerapan Ibadah) dapat diandalkan dalam meningkatkan hasil belajar PAI terutam mapel Fiqih di SMP YPM-5 Driyorejo-Gresik. Akan tetapi dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti lain, terutama mengenai variasi dan terobosan bahan ajar baru yang dapat menjadikan KBM menjadi lebih efisien dan menyenangkan bagi peserta didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi |
||||||
Keywords: | Kecakapan Penerapan Ibadah; KPI; Hasil Belajar PAI | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fina Azkamillati | ||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2016 05:03 | ||||||
Last Modified: | 06 Nov 2019 03:10 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5159 |
Actions (login required)
View Item |