Pola Sebaran Bahan Pencemar Organik dari Limbah Perikanan dan Dampaknya Terhadap Makrozoobentos di Muara Sungai Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Alfariza Namira (2022) Pola Sebaran Bahan Pencemar Organik dari Limbah Perikanan dan Dampaknya Terhadap Makrozoobentos di Muara Sungai Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfariza Namira Sari_H74218014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kecamatan Watulimo merupakan daerah yang didominasi oleh kegiatan industri perikanan serta menghasilkan limbah setiap harinya. Masukan limbah perikanan secara kontinu mengakibatkan pencemaran di badan sungai hingga ke muara dan berdampak pada organisme, salah satunya adalah makrozoobentos.Sifat khas muara yang dipengaruhi gerakan fisika laut menjadikan potensi bahan pencemar terbawa hingga ke perairan lepas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola sebaran bahan pencemar organik, kelimpahan makrozoobentos dan korelasi antara kandungan bahan pencemar organik dengan kelimpahan makrozoobentos. Bahan pencemar organik yang diteliti meliputi Nitrat dan Fosfat. Selain kedua bahan tersebut, BOD dan TSS juga dijadikan sebagai parameter pencemaran pada penelitian ini. Pengambilan data dilakukan mulai dari Bulan September - Oktober 2021. Penentuan titik lokasi pengambilan data primer dilakukan dengan metode purposive sampling. Data primer yang diambil meliputi sampel bahan pencemar organik, BOD serta TSS, kualitas perairan, dan makrozoobentos. Analisis pola sebaran bahan pencemar dilakukan menggunakan software MIKE21 Ecolab. Pola sebaran bahan pencemar pada sekitar Muara Sungai Wancir dipengaruhi oleh arus permukaan pada perairan yang membawa bahan pencemar organik dari arah muara ke arah perairan lepas. Tingkat kelimpahan makrozoobentos pada Muara Sungai Pancer Tengah memiliki nilai rata-rata kelimpahan yang lebih tinggi yaitu 2208 ind/m3 dibandingkan Muara Sungai Wancir dengan nilai rata-rata kelimpahan adalah 542 ind/m3. Tidak ada korelasi antara kelimpahan makrozoobentos dengan Nitrat, Fosfat, BOD dan TSS pada lokasi penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Alfariza Namirah74218014@uinsby.ac.idh74218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gmail.com; mauludiyah@uinsby.ac.id2017118204
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id199203292019031012
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Makrozoobentos; Pola Sebaran; Bahan Pencemar; Korelasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Alfariza Namira Sari
Date Deposited: 02 Jul 2022 13:46
Last Modified: 02 Jul 2022 13:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51600

Actions (login required)

View Item View Item