تغييرات الأوزان العروضية في شعر النبي المجهول لأبي قاسم الشابي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Fatimatuz (2022) تغييرات الأوزان العروضية في شعر النبي المجهول لأبي قاسم الشابي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatuz Zahroh_A91217056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syi’ir merupakan bentuk dari salah satu karya sastra tulisan yang terdiri dari beberapa bait dan juga merupakan salah satu bentuk alat komunikasi Bangsa Arab yang memberikan sumbangan besar terhadap bidang kesusateraan. Syiir memiliki peran penting dalam bidang kesusasteraan dan sangat melegenda diseluruh dunia. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula para sastrawan yang bermunculan dengan pemikiran yang lebih moderat pula, salah satunya adalah Abu Qasim Asy-Syabi yang merupan penyair terkenal dari Tunisia. Dalam menelaah syi’ir, tentunya juga melibatkan ilmu arudh untuk mengetahui mengenai pola-pola syi’ir Arab serta bentuk-bentuk wazan dan perubahan-perubahan yang terjadi pada wazan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis zihaf dan illat pada syi’ir “An-Nabiyyul Majhul” karya Abu Qasim Asy-Syabi, serta bentuk-bentuk perubahan wazan pada syi’ir tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan mencari ataupun menelaah bentuk-bentuk zihaf serta illat yang terdapat pada syair tersebut dan penelitian ini merupakana kajian Ilmu Arudh. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa dalam syair terjadi zihaf saja yaitu pada seluruh bait dengan jumlah 78 taf’ilah dan bentuk zihafnya adalah khaban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, FatimatuzFatimatuzahroh106@gmail.comA91217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha--2012075901
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Perubahan wazan arudl; Syi’ir an-nabiyyul majhul; Abu Qasim Asy-Syabi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fatimatuz Zahroh
Date Deposited: 30 Jan 2022 08:00
Last Modified: 30 Jan 2022 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51619

Actions (login required)

View Item View Item