Konsep tawakkal dalam tasawuf sebagai Psikoterapi Quarter Life Crisis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrofi, Asmaul (2022) Konsep tawakkal dalam tasawuf sebagai Psikoterapi Quarter Life Crisis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asmaul Asrofi_E07217006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang konsep tawakkal dalam tasawuf sebagai psikoterapi quarter life crisis. Fenomena quarterlife crisis merupakan sebuah fenomena psikososial yang terjadi saat individu berusia antara 20 sampai 29 tahun yang ditandai dengan munculnya reaksi-reaksi emosi seperti depresi, stress, frustasi, panik, tidak berdaya, khawatir akan masa depan, tidak memiliki tujuan dan sebagainya. Tentunya ini menjadi penyebab bahwa quarter life crisis tergolong sebagai energi negatif dalam diri manusia. Dan hal ini sangat penting untuk diteliti lebih mendalam, karena sangat berhubungan erat dengan pribadi yang bermuara pada kesejahteraan seorang individu. Dari penelusuran yang dilakukan oleh penulis, diketahui masih belum banyak yang mengkaji tentang penanganan quarter life crisis dari sisi tasawuf. Adapun rumusan masalah yang diambil adalah 1) bagaimana konsep tawakkal dalam tasawuf? 2) bagaimana gambaran quarter life crisis? 3) bagaimana penerapan tawakkal sebagai psikoterapi quarter life crisis? Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan bagaimana penerapan konsep tawakkal dalam tasawuf digunakan sebagai bentuk terapi quarter life crisis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini merupakan penelitian kualitatif melalui penggunaan teknik library research, dan dokumentasi sebagai metode dalam pengumpulan data. Metode analisis menggunakan metode metode deskriptif analitis sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/ melukiskan keadaan subyek/obyek penelitian pada masa sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 2 point penting untuk mencapai sikap tawakkal yang dipergunakan sebagai metode terapi: pertama, tawakal dapat terbentuk melalui ilmu. Kedua, iman dan tauhid merupakan pintu utama untuk mencapai sikap tawakkal. Adapun langkah – langkah tawakkal sebagai metode terapi dalam menghadapi quarter life crisis diantaranya: mengetahui Allah dan segala kehendanya, menetapkan sebab akibat, meneguhkan hati terhadap pemahaman tauhid, menggantungkan hati kepada allah, berkhusnudzon, berpasrah diri dan tunduk kepada allah, dan menerima keadaan. Dengan demikian tawakkal yang dikaitkan dengan iman dan tauhid akan memberikan ketenangan bagi seorang mukmin, dan akan memberikan sikap optimis, sikap stabil dan ketenangan jiwa baik dalam kondisi suka maupun duka. Membuat seseorang penuh percaya diri, memiliki keberanian dalam menghadapi setiap persoalan, memiliki ketenangan dan ketenteraman jiwa, dekat dengan Allah SWT, sehingga tawakkal ini bisa menjadi terapi dalam menghadapi quarter life crisis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrofi, Asmaulasmaulasrofi@gmail.comE07217006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Psikoterapi
Keywords: Tawakkal; Psikoterapi Tasawuf; Quarter life crisis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Asmaul Asrofi
Date Deposited: 04 Feb 2022 12:02
Last Modified: 04 Feb 2022 12:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51620

Actions (login required)

View Item View Item