Pengaruh financial distress, perencanaan pajak, dan kualitas audit terhadap manajemen laba: studi kasus pada perusahaan sektor asuransi yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2018-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajrin, Silvia Syuha (2021) Pengaruh financial distress, perencanaan pajak, dan kualitas audit terhadap manajemen laba: studi kasus pada perusahaan sektor asuransi yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2018-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Syuha Fajrin_G72217052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi indikasi manajemen laba pada perusahaan sektor asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. Serta memberikan bukti empiris pengaruh financial distress, perencanaan pajak, dan kualitas audit terhadap manajemen laba. Sampel yang digunakan dalam peneltian ini adalah perusahaan sektor asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2018-2020. Total populasi dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan dengan sampel sebanyak 13 perusahaan yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode regresi data panel untuk menguji pengaruh financial distress, perencanaan pajak, dan kualitas audit terhadap manajemen laba yang diolah menggunakan Eviews 10.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel financial distress berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan variabel perencanaan pajak dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Namun, secara simulan semua variabel dalam penelitian yaitu financial distress, perencanaan pajak, dan kualitas audit berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajrin, Silvia Syuhasilviasyuha99@gmail.comG72217052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselviaekaaristantia@gmail.com2030079304
Subjects: Akuntansi
Manajemen
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Financial distress; perencanaan pajak; kualiras audit; manajemen laba.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: SILVIA SYUHA FAJRIN
Date Deposited: 03 Feb 2022 13:07
Last Modified: 03 Feb 2022 13:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51631

Actions (login required)

View Item View Item