Analisis framing berita Jokowi 3 periode pada Portal Media Online Tempo.co dan CNNIndonesia.com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amanah, Roisatul (2022) Analisis framing berita Jokowi 3 periode pada Portal Media Online Tempo.co dan CNNIndonesia.com. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roisatul Amanah_B75218081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkritisi framing pemberitaan Jokowi 3 Periode pada Tempo.co dan CNNIndonesia.com dan mengetahui perbedaan bingkai pemberitaan Jokowi 3 Periode pada kedua media tersebut. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan konstruktivisme dan jenis penelitian analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan empat perangkat framing yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pembingkaian yang dilakukan Tempo.co terhadap berita Jokowi 3 Periode yaitu Tempo.co menolak masa jabatan Jokowi 3 periode. Tempo.co menggiring pembaca pada dugaan siasat orang-orang istana menggolkan Jokowi 3 Periode dan mengarahkan pembaca pada dugaan Jokowi tak akan menolak 3 periode. Sedangkan pembingkaian yang dilakukan CNNIndonesia.com yaitu CNNIndonesia.com menunjukkan keberpihakannya pada Jokowi. CNNIndonesia.com menggiring pembaca untuk yakin bahwa Jokowi menolak tegas 3 periode, membuat nama Jokowi baik di mata publik, serta mengapresiasi dukungan Jokowi 3 Periode. Perbedaan bingkai pada kedua media tersebut yaitu Tempo.co menekankan penolakan Jokowi 3 Periode, sedangkan CNNIndonesia menekankan keberpihakannya pada Jokowi. Tempo.co memilih menampilkan hasil persenan tinggi, sementara CNNIndonesia.com sebaliknya. Tempo.co juga membingkai PDIP sebagai partai yang ‘mengaku’ menolak Jokowi 3 Periode, sedangkan CNNIndonesia.com hanya memberitakan PDIP menolak Jokowi 3 Periode.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amanah, Roisatulroisatulamanah910@gmail.comB75218081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com197911242009121001
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Framing; Berita; Jokowi 3 Periode.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Roisatul Amanah
Date Deposited: 05 Feb 2022 02:52
Last Modified: 05 Feb 2022 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51650

Actions (login required)

View Item View Item