Pesan dakwah KH. Mashudi berjudul “Makna Tari Jaranan” dalam Channel YouTube Nur Diono dengan Perspektif Makna Bahasa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustaqim, Ahmad Faishal (2021) Pesan dakwah KH. Mashudi berjudul “Makna Tari Jaranan” dalam Channel YouTube Nur Diono dengan Perspektif Makna Bahasa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Faishal Mustaqim_B91216048.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti memilih video tersebut sebagai objek penelitian dikarenakan dalam ceramah tersebut menjelaskan makna filosofis dari elemen pertunjukan tari Jaranan yang selama ini mendapat pandangan kurang bagus dikalangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis makna bahasa milik Mansoer Padeta. Hasil penelitian terhadap pesan dakwah ceramah KH. Mashudi berjudul Makna tari Jaranan dalam perspektif makna bahasa adalah unsur materi ceramah yang sangat kental dengan tauhid. Ceramah ini banyak bercerita tentang makna filofosif islam dalam sebuah elemen pertunjukan tari Jaranan. Pesan dakwah yang terkandung lebih banyak menyinggung sisi akidah dibanding akhlak dan syari’at. Karakteristik pesan dakwah yang ditampakan yakni sumbernya terjaga dan sholeh, sebab pesan dakwah tersebut bersumber dari Al-Qur’an serta Hadist yang menjadi pedoman umat manusia. Peneliti berharap agar ceramah ini diteliti dari sisi lain dengan menggunakan analisis maupun fokus yang berbeda, agar meadapatkan hasil penelitian yang bervariasi dari ceramah ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustaqim, Ahmad Faishalfaisalmustqim@gmail.comB91216048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSunarto AS, Sunartonarto_as@yahoo.com2026126901
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; Makna tari Jaranan; Makna Bahasa; Youtube.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Faishal Mustaqim
Date Deposited: 07 Feb 2022 04:48
Last Modified: 07 Feb 2022 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51678

Actions (login required)

View Item View Item