Telaah ayat-ayat balasan baik dan buruk perspektif Ibnu Jarir Al-Tabari dalam tafsir Jami’ Al-Bayan Fi Ta’wil al-Qur’an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'sum, Afi (2022) Telaah ayat-ayat balasan baik dan buruk perspektif Ibnu Jarir Al-Tabari dalam tafsir Jami’ Al-Bayan Fi Ta’wil al-Qur’an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afi Ma'sum_E93217096.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis akan meneliti tentang bagaimana metode penafsiran yang digunakan Ibnu Jarir Al-Tabari dalam menafsirkan ayat-ayat balasan baik dan buruk, kemudian menganalisa bagaimana penafsiran Ibnu Jarir Al-Tabari dalam menafsirkan ayat-ayat balasan baik dan buruk. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagai mana metode yang digunakan dan mendeskripsikan penafsiran Ibnu Jarir Al-Tabari terhadap ayat-ayat balasan baik dan buruk.Setiap perbuatan akan mendapatkan balasan dari Allah, balasan tersebut berlaku untuk perbuatan baik ataupun perbuatan buruk.balasan tersebut juga berlaku di bunia maupun di akhirat,contoh balasan baik adalah rezeki yang melimpah juga kesehatan jasmani, sedangkan balasan buruk misalnya bencana alam dan juga penyakit yang diderita bahkan juga dimasukkan kedalam neraka.Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode deskriptif, metode ini mempunyai fungsi untuk mencari fakta dan interpretasi yang tepat. Pendekatan yang akan digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Maudu’I yang menjadi landasan tema terkait. Dikarenakan salah satu upaya untuk menyajikan data yang telah dikumpulkan berupa ayat-ayat Al-Qur’an yang memiliki keterkaitan antara topik tertentu.Kesimpulan dari penelitian ini adalah segala amal perbuatan akan mendapatkan balasan baik di dunia maupun di akhirat, sehinga mari kita gunakan waktu kita ketika di dunia untuk ber alam kebajikan agar mendpatkan balasan surge-Nya kelak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'sum, Afiafimasum@gmail.comE93217096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Balasan; balasan baik dan buruk; Al-Tabari.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: afi ma'sum
Date Deposited: 04 Feb 2022 06:09
Last Modified: 04 Feb 2022 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51688

Actions (login required)

View Item View Item