النحت في اللغتين العربية و الإندونيسية (دراسة تقابلية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfarisi, Salman (2022) النحت في اللغتين العربية و الإندونيسية (دراسة تقابلية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salman Alfarisi_A91218124.pdf

Download (893kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan antara bahasa Arab dan Indonesia dalam Naht/Akronim. Akronim merupakan singkatan atau sering disebut dengan kependekan yang memiliki untuk menyingkat kata atau kalimat agar memudahkan dalam pengucapannya. Kajian Naht sering kita jumpai dalam mata kuliah Fiqh Lughoh yang kadang membuat Mahasiswa sulit untuk memahaminya. Dengan ini peneliti ingin memperlihatkan persamaan dan perbedaan Naht/Akronim dalam dua bahasa supaya dapat mudah untuk memahami dalam kajian konstratif. Akan tetapi, didalam penelitian ini terdapat kesulitan atau peramasalahan dalam menemukan sumber penelitian yang tepat karena pembagian akronim yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Deskriptif – Kualitatif, adapun sumber datanya diambil secara pustaka (Library Reseach Method) memalui sampel buku, Jurnal, dan Website tentang Akronim/ Naht dalam bahasa Arab dan Indonesia. Berdasarkan temuan yang didapatkan oleh peneliti, persamaan Akronim/Naht dalam bahasa arab adalah membentuk dua kata atau lebih menjadi satu kata baru yang menunjukkan makna asli, Akronim/Naht dalam dua bahasa memiliki tujuan untuk memudahkan dalam mengucapkan kalimat secara ringkas. Adapun perbedaannya adalah Akronim/Naht dalam bahasa Arab dapat merusak kemurnian bahasa menurut para ahli bahasa Arab, sedangkan dalam bahasa Indonesia dapat membantu kemajuan bahasa Indonesia di era globalisasi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfarisi, SalmanA91218124@uinsby.ac,idA91218124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Perbedaan; persamaan; akronim/Naht; Arab; Indonesia.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Salman Alfarisi Alfarisi
Date Deposited: 08 Feb 2022 13:31
Last Modified: 08 Feb 2022 13:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51695

Actions (login required)

View Item View Item