الكلام الخبري وأغراضه في كتاب "وصية المصطفى" للشيخ عبد الوهاب الشعراني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halim, Rika Nurfadhilah (2022) الكلام الخبري وأغراضه في كتاب "وصية المصطفى" للشيخ عبد الوهاب الشعراني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Nurfadhilah Halim_A91218120.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bentuk- bentuk kalam khabari beserta tujuannya yang ada di dalam kitab Wasiatul Musthofa karya Syekh Abdul Wahab asy-Sya'rani. Di dalam kitab tersebut, terdapat wasiat-wasiat yang disampaikan oleh Nabi Muhammad kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Wasiat-wasiat itu membahas tentang agama dan akhlak seorang muslim, baik kepada diri sendiri, Tuhannya, ataupun akhlak kepada orang lain. Adanya kalam khabari dapat membantu untuk mengetahui bagaimana struktur/ tatanan bahasa yang digunakan oleh Nabi Muhammad kepada Sayyidina Ali. Adapun, permasalahan yang diteliti, meliputi: (1) Apa saja bentuk-bentuk kalam khabari dalam kitab wasiatul musthofa karya syekh abdul wahab asy-sya’roni, dan (2) Bagaimana tujuan kalam khabari dalam kitab wasiatul musthofa karya syekh abdul wahab asy-sya’roni. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan menghasilkan data –data deskripsi berupa kalimat-kalimat yang mengandung kalam khobari beserta tujuannya di dalam kitab wasiatul musthofa karya syekh abdul wahab as-sya’roni. Pengumpulan data menggunakan tekhnik dokumentasi, peneliti mencari, memilah, dan memilih data-data yang ada dalam kitab Wasiatul Musthofa. Hasil penelitian ditemukan sejumlah 105 kalimat yang mengandung kalam khabari dengan 4 macam tujuan yang bervariasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halim, Rika Nurfadhilahrikanurfadhilahh@gmail.comA91218120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Subjects: Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kalam Khabari; Kitab Wasiatul Musthofa.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rika Nurfadhilah Halim
Date Deposited: 01 Feb 2022 11:18
Last Modified: 01 Feb 2022 11:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51698

Actions (login required)

View Item View Item