العناصر الداخلية في قصة قصيرة "أنا الموت" لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Nafi’atur (2022) العناصر الداخلية في قصة قصيرة "أنا الموت" لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafi'atur Rohmah_A91218110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cerita pendek “Ana Al-Maut” adalah salah satu karya Taufiq Al-Hakim yang menarik untuk diteliti. Cerita pendek ini menceritakan tentang keputus asaan seorang pemuda yang ingin mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena menyerah dengan berbagai permasalahan hidupnya. Untuk dapat memahami keseluruhan isi cerita pendek “Ana al-Maut” ini dengan sempurna yaitu membutuhkan penelitian unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur penting yang tidak boleh dilewatkan dalam karya sastra. Masalahnya adalah bagaimana tema, tokoh, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat yang terkandung didalam cerita pendek “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim? Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif merupakan metode yang menghasilkan data dari adanya gambaran kenyataan sosial atau fenomena dengan memaparkan beberapa hasil yang akan diteliti. Metode kualitatif merupakan metode yang menghasilkan data berupa bentuk tertulis maupun lisan dari objek yang akan diamati.Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Tema: Kematian, seorang pemuda yang ingin mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. 2)Tokoh: Pemuda, Petugas Pantai, Si Gadis, Hakim. 3) Alur: maju. 4) Latar tempat: Pantai sidi basyar, di ruang pengadilan, di jalanan. Latar waktu: sore hari. Latar suasana: sukacita, kebingungan, ketenangan, ketegangan. 5) Sudut pandang: orang ketiga (dia), orang pertama (saya). 6) Gaya bahasa: 2 tasybih, 5 kalam khobari, 6 kalam insya’i, 2 muhasinat lafdhiyah, 2 muhasinat maknawiyah, dan 1 jinas. 7) Amanat: Bunuh diri bukanlah solusi untuk menyelesaikan permasalahan. Karna adanya permasalahan hidup itu untuk dihadapi bukan untuk dihindari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Nafi’aturnafiaturrohmah112@gmail.comA91218110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntahamuntahalazim@gmail.com2012075901
Subjects: Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: cerita pendek; unsur instrinsik; cerpen analmaut; taufiq al-hakim .
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: NAFI’ATUR ROHMAH
Date Deposited: 01 Feb 2022 10:50
Last Modified: 01 Feb 2022 10:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51708

Actions (login required)

View Item View Item