Kasta dinihilkan: wujud "budaya baru" hasil aktualisasi sederhana weda oleh jemaat Hindu di Dusun Baron Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Korikatul (2022) Kasta dinihilkan: wujud "budaya baru" hasil aktualisasi sederhana weda oleh jemaat Hindu di Dusun Baron Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Korikatul Afifah_E72218041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Isu konflik agama yang muncul karena penerapan sistem kasta menciptakan kegelisahan bagi masayarakat luas dan jemaat Hindu khususnya. Penggeseran konsep warna menjadi kasta yang terkesan diskriminatif, seringkali disamakan menimbulkan kesalahpahaman dengan menganggap keduanya sebagai satu kesatuan. Hingga kemudian ditemukan sebuah kelompok Hindu minoritas di Dusun Baron, Desa Semen, Kabupaten Kediri yang hidup berdampingan penuh rasa saling menghormati, toleransi, harmonis tanpa diskriminasi meski dengan menihilkan kasta. Keunikan ini sangat jauh dari gambaran pemeluk Hindu yang telah familiar dengan sistem kasta, sehingga penulis tertarik untuk melakukan penilitian lebih lanjut. Tulisan ini memaparkan beberapa topik utama seperti latar belakang dinihilkannya kasta, dampak penihilannya pada kehidupan sosial para jemaat, serta proses atau tahapan penihilan kasta. Kajian ini merupakan penelitian kualitatif dengan basis studi kasus yang ditelaah dengan analisis deskriptif menggunakan metode berpikir deduktif. Adapun pengumpulan data baik primer dan sekunder ialah melalui wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan pengolahan data diproses melalui tiga tahapan yakni penggabungan data temuan, pemaparan, dan penarikan kesimpulan. Setelah menjalani serangkaian proses penelitian, maka hasil yang didapat ialah bahwa kasta bukan ajaran yang pengaktualisasiannya bersifat wajib. Karena Weda hanya mengenal istilah warna bukan kasta, sesuatu yang sejak awal memang tidak ada berujung pada pengabaian berkepanjangan. Alasan tersebut didukung dengan keterbatasan jemaat serta kondisi lingkungan sosialnya, hingga saat ini berkembang menjadi budaya baru bagi umat Hindu yang justru membawa kerukunan dan harmonisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Korikatulqoriafifah2@gmail.comE72218041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Kasta dinihilkan; Budaya baru; Aktualisasi; Weda, Hindu, Baron, Kediri.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Korikatul Korik Afifah
Date Deposited: 09 Feb 2022 17:09
Last Modified: 09 Feb 2022 17:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51711

Actions (login required)

View Item View Item