Analisis Fiqh SiyaSah terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor36/PHP.GUB-XVI/2018 tentang perselisihan hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafaah, Nurlailatul (2022) Analisis Fiqh SiyaSah terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor36/PHP.GUB-XVI/2018 tentang perselisihan hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Adlina Daeng Barang_C05216045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif dan data penelitian dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk membuat deskripsi mengenai obyek penelitian secara sistematis, akurat dan faktual kemudian dihubungkan dengan putusan terkait. Selanjutnya data tersebutdianalisis menggunakan teori hukum Islam, yaitu Fiqh Siyasah. Hasil penelitian ini yaitu, dikabulkannya permohonan tentang penetapanrekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Gubernur dan WakilGubernur Provinsi Maluku Utarayang dilakukan di enam Desa serta di Kecamatan Sanana dan Kecamatan Taliabu Barat. Fiqh siyasah telah menjelaskan mengenai hakim dalam meenetapkan suatu perkara meskipun secara konstitusi fiqh siyasah tidak disebutkan, namun secara substansional kualifikasi mengenai kehakiman menurut fiqh siyasah telah diwakili oleh undang-undang atau peraturan yang berlaku.Mahkamah Konstitusi berwenang dalam mengadili perkara perselisihan hasil pemilu yang putusannya bersifat final mengenai rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Maluku Utara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafaah, Nurlailatuladlinadaeng99@gmail.comC05216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafaah, Nurlailatulshafaadesign@yahoo.com2006047901
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Pemilihan Umum
Keywords: Pemilihan gubernur;rekapitulasi perhitungan suara; provinsi maluku Utara.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Nurul Adlina Daeng Barang
Date Deposited: 05 Feb 2022 00:19
Last Modified: 05 Feb 2022 00:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51720

Actions (login required)

View Item View Item