Problematika proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru, siswa dan orangtua di SDN Kandangan II Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasana, Puji Uswatun (2022) Problematika proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru, siswa dan orangtua di SDN Kandangan II Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puji Uswatun Hasana_D07217027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 menimbulkan banyak dampak dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya yaitu dibidang pendidikan. Munculnya pandemi yang semakin parah mendorong pemerintah Indonesia untuk menetapkan kebijakan tentang pembelajaran yang harus dilaksanakan secara daring. Tujuan penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran daring yang dilaksanakan di kelas 3 dan 4 SDN Kandangan II Surabaya berlangsung. 2) Untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami oleh guru, siswa dan orangtua siswa selama pelaksanaan pembelajaran daring. 3) Untuk mendapatkan solusi untuk mengatasi hambatan yang muncul selama pembelajaran daring. 4) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung keberhasilan pembelajaran dalam jaringan.Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru, siswa serta orang tua siswa SDN Kandangan II Surabaya kelas III A dan IV B. Dalam pemilihan subjek penelitian, peneliti menggunakan teknik sampling purposive. dengan tiga tahap pengumpulan data : Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan : bahwa proses pelaksanaan pembelajaran daring di SDN Kandangan II Surabaya tepatnya pada kelas III A dan IV B sudah terlaksana cukup baik. Faktor pendukung suksesnya pelaksanaan pembelajaran daring yaitu dengan adanya fasilitas yang memadahi serta dampingan dan dukungan orang tua. Pembelajaran daring juga memilki beberapa hambatan yaitu rasa malas yang muncul pada siswa karena mereka ada di zona nyaman mereka, jaringan internet yang kadang tidak stabil, meningkatnya kebutuhan kuota internet untuk mengunduh materi pembelajaran dan mengunggah tugas-tugas yang telah diberikan, serta para guru membutuhkan waktu tambahan untuk membuat video pembelajaran siswa. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut pihak sekolah menyediakan komputer dan wifi untuk mendukung guru dalam melaksanakan pembelajaran daring, bekerja sama dengan pemerintah kota membagikan kuota internet belajar gratis. Guru juga secara rutin mendatangi siswa-siswa yang memiliki masalah dengan pembelajaran daring untuk membatu permasalahan mereka serta bekomunikasi dengan orang tua siswa guna mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah peseta didik tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasana, Puji Uswatunpujxxusw@gmail.comD07217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Belajar
Pendidikan
Teknologi
Keywords: Problematika; Pembelajaran Daring; Covid-19.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puji Uswatun Hasana
Date Deposited: 01 Feb 2022 10:58
Last Modified: 01 Feb 2022 10:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51722

Actions (login required)

View Item View Item