Natural Language Processing menggunakan Metode Fuzzy String Matching pada Chatbot berbasis Web pada Aplikasi Whatsapp

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Muhammad Rifqy Fakhrul (2022) Natural Language Processing menggunakan Metode Fuzzy String Matching pada Chatbot berbasis Web pada Aplikasi Whatsapp. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rifqy Fakhrul Hadi_ H06217015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah sebuah usaha yang memiliki keterbatasan modal, dan dalam mengembangkan sebuah usaha dibutuhkan peran marketer untuk menyampaikan informasi mengenai produk yang akan dijual. Untuk menggunakan jasa seorang marketer membutuhkan cost yang dapat memotong modal awal. Berdasarkan permasalahan tersebut diharapkan hasil penelitian ini dapat menggantikan tenaga manusia dengan robot sebagai marketer, pada penelitian ini menggunakan NLP pada chatbot sebagai solusi. Fuzzy String Matching sebagai metode yang digunakan dan chatbot diimplementasikan pada aplikasi whatsapp. Untuk mengukur performa hasil penelitian dalam mencapai tujuan tersebut dilakukan evaluasi metode Fuzzy String Matching menggunakan metode evaluasi confusion matrix yang menghasilkan nilai precission sebesar 75%, nilai accuracy sebesar 90%, dan nilai recall sebesar 90%. Dari hasil penilaian tersebut memberikan hasil kinerja presisi sebesar 75% dan akurasi sebesar 90% dan kinerja dalam menemukan Kembali informasi pada dataset 90% dengan hasil tersebut memberikan jawaban bahwa chatbot memiliki kinerja yang baik dan layak untuk digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Muhammad Rifqy Fakhrulhadmirifqyfakhrul@gmail.comH06217015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Teknologi
Keywords: Chatbot; NLP; Fuzzy Matching; Web; Whatsapp.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: muhammad rifqy fakhrul hadi
Date Deposited: 28 Jan 2022 15:11
Last Modified: 28 Jan 2022 15:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51730

Actions (login required)

View Item View Item