Studi wacana pemikiran muslim dalam menanggapi karikatur Nabi Muhammad SAW di Perancis: analisis wacana kritis Norman Fairclough

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamuddin, Ibnu Nur (2022) Studi wacana pemikiran muslim dalam menanggapi karikatur Nabi Muhammad SAW di Perancis: analisis wacana kritis Norman Fairclough. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ibnu Nur Islamuddin_E91217076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang wacana yang beredar mengenai adanya karikatur Nabi Muhammad SAW di Perancis. Dengan munculnya karikatur Nabi Muhammad SAW di Perancis tersebut, respon sebagian besar masyarakat Muslim merasa dihina karena Nabi pembawa ajaran Islam yang mereka jadikan panutan tersebut dihina oleh kelompok non-Muslim dengan cara membuat karikatur yang sama sekali tidak sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh Islam mengenai sosok Nabi Muhammad SAW. Dalam menanggapi wacana mengenai karikatur Nabi Muhammad SAW tersebut terdapat beberapa tokoh Muslim dari berbagai kelompok Islam yang berpendapat, yakni Gus Nadir dari kelompok Moderat, Gus Baha’ dari kelompok Tradisionalis, Felix siauw dari kelompok Radikal. Penelitian ini ditulis guna menganalisis wacana yang ada terhadap pemikiran masyarakat Muslim dimana kebanyakan dari masyarakat Muslim merasa terhina dengan munculnya karikatur Nabi Muhammad SAW yang sama sekali tidak sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis wacana kritis Norman Fairclough.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamuddin, Ibnu Nuribnujohn28@gmail.comE91217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKasno, Kasnosulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Masyarakat Islam
Nabi Muhammad
Keywords: Analisis wacana kritis; Karikatur Nabi Muhammad SAW; Norman Fairclough.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ibnu Nur Islamuddin
Date Deposited: 06 Feb 2022 12:33
Last Modified: 06 Feb 2022 12:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51752

Actions (login required)

View Item View Item