Efektivitas peran Bank Wakaf Mikro Sinar Mandiri Sejahtera dalam pemberdayaan masyarakat ekonomi menengah ke bawah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murganingsih, Riska Utami Diah Ayu (2022) Efektivitas peran Bank Wakaf Mikro Sinar Mandiri Sejahtera dalam pemberdayaan masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riska Utami Diah Ayu Murganingsih_G05217021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan ketua Bank Wakaf Mikro Sinar Mandiri Sejahtera, supervisor pemberdayaan, manajer bank Wakaf Mikro Sinar mandiri sejahtera serta 5 nasabah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan bank wakaf mikro sinar mandiri sejahtera untuk mensejahterakan masyarakat menengah kebawah bisa dikatakan sudah baik,yaitu dengan cara memberikan pinjaman tanpa agunan dan tidak berbunga, Namun dalam pelaksanaan pemberdayaannya di Bank Wakaf Mikro Sinar Mandiri Sejahtera yaitu kegiatan SILMI masih belum maksimal karena dalam kegiatan tersebut hanya digunakan untuk pembayaran angsuran. Faktor pendukung pemberdayaan Bank Wakaf Mikro Sinar Mandiri Sejahtera adalah motivasi yang diberikan nasabah terkait pembiayaan yang berdampak positif terhadap usaha mereka. Dan faktor penghambat yang terjadi di Bank Wakaf Mikro Sinar Mandiri Sejahtera adalah para nasabah sulit sekali menghadiri kegiatan mingguan yaitu SILMI.Adapun saran bagi kepada nasabah agar selalu mengikuti kegiatan silmi yang sudah waktunya telah disepakati. Kepada devisi pemberdayaan dalam melakukan kegiatan pendampingan usaha lebih intens lagi, pemberian materi-materi usaha, memberikan ide-ide dan inovasi untuk meningkatkan usahanya. Serta menghimbau para nasabah agar selalu mengikuti kegiatan Silmi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murganingsih, Riska Utami Diah AyuRizkautamidam@gmail.comG05217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Ekonomi
Wakaf
Keywords: Wakaf; bank wakaf mikro; Bank Wakaf Mikro Sinar Mandiri Sejahtera.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Riska Utami Diah Ayu M.
Date Deposited: 05 Feb 2022 14:52
Last Modified: 05 Feb 2022 14:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51758

Actions (login required)

View Item View Item