Korelasi self esteem dan dukungan sosial dengan optimisme mahasiswa akhir menjelang kelulusan program strata 1 yang berkuliah di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Majidah, Izza (2021) Korelasi self esteem dan dukungan sosial dengan optimisme mahasiswa akhir menjelang kelulusan program strata 1 yang berkuliah di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izza Majidah_J01217024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dan dukungan sosial dengan optimisme mahasiswa yang sedang menjelang kelulusan. Menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan pembagian kuesioner yang telah disusun berdasarkan aspek self esteem, dukungan sosial dan optimisme. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 204 mahasiswa yang berkuliah di kampus Kota Surabaya. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji pearson product moment untuk menguji keterkaitan korelasi hubungan antar variabel secara parsial dan uji korelasi berganda untuk uji variabel secara simultan dengan bantuan Statistical Package for Social Science (SPSS). Hasil temuan penelitian bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self esteem dengan optimisme bernilai signifikansi 0,000 atau < 0,01. Nilai signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,01 antara variabel dukungan sosial dengan optimisme. Dan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,05 pada korelasi hubungan antara variabel self esteem dan dukungan sosial dengan optimisme. Semua hasil menujukkan adanya korelasi hubungan yang signifikan dengan arah korelasi yang positif baik secara parsial ataupun simultan. Penelitian ini juga disertai temuan yang mendukung keterkaitan antar variabel berdasarkan data demografis yang terpilih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Majidah, Izzaizzamajj99@gmail.comJ01217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbrorry, Luckyluckyabrorry@uin.sby.ac.id2001107901
Subjects: Psikologi
Keywords: Self Esteem; Dukungan Sosial; Optimisme.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Izza Majidah
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:04
Last Modified: 15 Mar 2022 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51786

Actions (login required)

View Item View Item