العناصر الداخلية في مسرحية "بجماليون" لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Nurul Isnaini (2022) العناصر الداخلية في مسرحية "بجماليون" لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Isnaini Agustina_A91218118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Unsur-Unsur Intrinsik dalam Drama Pygmalion Karya Taufik al-Hakim. Karya sastra memiliki unsur-unsur penyusun yang penting, dan salah satu unsur yang tidak dapat dipisahkan adalah unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun sebuah karya sastra dari karya itu sendiri. Pembahasan unsur intrinsik meliputi tema, penokohan, plot, setting, gaya bahasa, dan amanat. Objek penelitian ini adalah drama oleh Taufik Al-Hakim dengan judul “Pygmalion”, dan sumber datanya adalah naskah drama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan Metode Pendekatan Ilmu Sastra.Drama “Pygmalion” bercerita tentang tragedi antara seni dan kehidupan yang dihadapi tokoh pygmalion. Drama yang terdiri dari 4 babak. Rumusan masalah penelitian “"Apa tema dalam drama“Pygmalion” oleh Taufik Al-Hakim?, Bagaimana Penokohan dalam drama“Pygmalion” oleh Taufik Al-Hakim?, Bagaimana Alur dalam drama“Pygmalion” oleh Taufik Al-Hakim?, Bagaimana Setting dalam drama“Pygmalion” oleh Taufik Al-Hakim?, Bagaimana Amanat yang digunakan dalam drama“Pygmalion” oleh Taufik Al-Hakim?"dan Bagaimana Gaya Bahasa yang digunakan dalam drama“Pygmalion” oleh Taufik Al-Hakim?" dengan Tujuan agar mengetahui bagaimana Tema, Penokohan, Alur, Setting, Amanat dan Gaya Bahasa drama “Pygmalion” oleh Taufik Al-Hakim. Hasil dalam penelitian ini terdapat-data yang meliputi 1 tema, yaitu tragedi konflik antara seni dan kehidupan, 7 penokohan yang terdiri dari 1 tokoh utama Pygmalion, 6 tokoh sekunder yang terdiri dari : Galatea, Narsis, Ismin, Apolon, Venus dan Al-jauqah. 1 alur yaitu alur maju, 4 latar tempat dan5 latar waktu. Amanat drama tentang bersyukur terhadap nikmat dan menetapkan hati. Adapun Uslub bahasa dalam drama ini menggunakan Bahasa Arab Fushah, dan dalam segi balaghah terdapat kalam insyai dan kalam khabari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Nurul Isnainiisnainitina71@gmail.comA91218118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Sastra
Keywords: Unsur Intrinsik; Drama Pygmalion; Taufik Al-Hakim.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nurul Isnaini Agustina
Date Deposited: 05 Feb 2022 00:41
Last Modified: 05 Feb 2022 00:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51792

Actions (login required)

View Item View Item