Komunikasi sosial masyarakat pada Masa Pandemi COVID-19 di Desa Metatu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Putri (2022) Komunikasi sosial masyarakat pada Masa Pandemi COVID-19 di Desa Metatu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tis'atul Fitriyani_A92217139.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi sosial masyarakat dan pola komunikasi sosial masyarakat pada masa pandemi COVID-19 di Desa Metatu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Peneliti memakai pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data didapatkan melalui pengamatan, wawancara mendalam dan melalui dokumentasi di Desa Metatu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik, dengan menggunakan teori Interaksi Simbolik. Peneliti menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan tiga langkah, yakni reduksi data, kemudian melakukan penyajian data dan terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses komunikasi sosial masyarakat Desa Metatu pada masa pandemi terjadi proses asosiatif dalam bentuk kooperasi dengan bekerja sama untuk saling mengingatkan bahaya pandemi COVID-19. Proses komunikasi sosial masyarakat Desa Metatu pada masa pandemi juga dilakukan dengan memberikan informasi melalui media poster, spanduk dan baliho dengan membangun sebuah makna ajakan patuh kebijakan pemerintah. Kemudian untuk pola komunikasi yang terbentuk pada masa pandemi COVID-19 di Desa Metatu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik adalah pola komunikasi primer dengan memanfaatkan gerak tubuh non verbal dan pola komunikasi sekunder dengan menggunakan media WhatsApp Group.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Putriputrilestari090@gmail.comB75218077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Masyarakat
Keywords: Komunkasi Sosial Masyarakat; Proses Komunikasi; Pola Komunikasi; Pandemi COVID-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Putri Lestari
Date Deposited: 03 Jul 2022 04:37
Last Modified: 03 Jul 2022 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51796

Actions (login required)

View Item View Item