Analisis perilaku cyberloafing dalam penggunaan infrastruktur teknologi informasi menggunakan model theory of planned behavior

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muddimah, Muddimah (2022) Analisis perilaku cyberloafing dalam penggunaan infrastruktur teknologi informasi menggunakan model theory of planned behavior. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muddimah_H76217040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi khususnya internet menjadi pusat perhatian hal ini dapat dilihat dari penerapan sistem yang lebih terkomputerisasi dalam dunia pendidikan, dengan harapan pendidikan kedepan akan lebih efisien dan dapat meningkatkan daya saing kerja. Namun disamping itu, penerapan system terkomputerisasi ini terkadang disalahgunakan. Penyalagunaan yang dimaksudkan yaitu adanya perilaku cyberloafing. Perilaku cyberloafing ini diartikan sebagai penggunaan internet, komputer atau fasilitas pembelajaran dengan tujuan kegiatan yang tidak terkait dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor adanya perilaku cyberloafing pada mahasiswa dan memberikan rekomendasi aturan untuk mengurangi perilaku cyberloafing pada mahasiswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengadopsi model Theory of Planned Behavior (TPB). Responden dalam penelitian ini sebanyak 278 mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Proses analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) - Partial Least Square (PLS). Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa behavioral intention dan perceived behavioral control berpengaruh positif dan signifikan terhadap cyberloafing. Attitude, subjective norm dan perceived behavioral control berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention. Selain itu dalam penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi aturan yang diusulkan dalam 2 poin yaitu (01.1) aturan tata tertib pengendalian penggunaan infrastruktur teknologi informasi dan (01.2) aturan pengendalian pemakaian handphone pribadi saat jam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muddimah, Muddimahimha8326@gmail.comH76217040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzudin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Manajemen Informasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Cyberloafing; infrastruktur; Partial Least Square; Structural Equation Modelling; Theory of Planned Behavior
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Muddimah -
Date Deposited: 25 May 2022 03:07
Last Modified: 25 May 2022 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51797

Actions (login required)

View Item View Item