Pengaruh moderasi gender terhadap keberhasilan penerapan sistem informasi akademik dengan pendekatan human organization technology (hot) fit model

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afwiyana, Naila Dwi (2022) Pengaruh moderasi gender terhadap keberhasilan penerapan sistem informasi akademik dengan pendekatan human organization technology (hot) fit model. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naila Dwi Afwiyana_H06217016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil subjek penelitian pada implementasi SIAKAD STAI Al-Anwar Sarang, karena tergolong masih baru dalam menerapkan teknologi informasi selain itu selama proses penerapan seringkali muncul permasalahan yaitu sistem error ketika jadwal KRS yang menyebabkan proses input KRS mundur, selanjutnya tagihan pembayaran tidak sinkron dengan tampilan yang ada di sistem. Kerangka penelitian yang digunakan yaitu HOT FIT karena memiliki komponen yang paling sesuai dan lengkap dengan permasalahan yang ada dibandingkan dengan kerangka teori lainnya. Selain itu terdapat penambahan variabel gender dalam penelitian ini karena diduga ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam penggunaan teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan penerapan SIAKAD serta melihat pengaruh moderasi gender dalam keberhasilan SIAKAD menggunakan metode HOT FIT. Metode kuantitatif adalah metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling serta data yang didapatkan dan diolah menggunakan SmartPLS sebanyak 140 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat keberhasilan penerapan SIAKAD STAI Al-Anwar masuk dalam kategori cukup berhasil, skor yang diperoleh sebesar 0.489 atau 48,9%, kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan pada system quality, service quality, user satisfaction terhadap system use serta structure dan user satisfaction terhadap net benefit. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan pada system quality, information quality, service quality, structure terhadap user satisfaction, system use terhadap net benefit. Terdapat 1 variabel yang berpengaruh negatif dan tidak signifikan yaitu information quality terhadap system use. Gender memperlemah pengaruh system use terhadap net benefit dan gender memperkuat pengaruh user satisfaction terhadap net benefit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afwiyana, Naila Dwinaylaafw@gmail.comH06217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Manajemen Informasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Gender; Moderasi; HOT FIT, Siakad, Tingkat Keberhasilan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Naila Dwi Afwiyana
Date Deposited: 30 Jan 2022 17:00
Last Modified: 31 Jan 2022 05:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51800

Actions (login required)

View Item View Item