Framing pemberitaan pemboikotan “Saipul Jamil” pada media Online Detik.com dan Kompas.com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudiyarotin, Alviya (2022) Framing pemberitaan pemboikotan “Saipul Jamil” pada media Online Detik.com dan Kompas.com. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alviya Mudiyarotin_B75218043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebebasan Saipul Jamil dari penjara menghebohkan publik karena ia berencana kembali ke dunia hiburan. Hal ini menuai pro dan kontra dari masyarakat yang memunculkan petisi boikot untuk Saipul Jamil. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana Pembingkaian Pemberitan Pemboikotan Saipul Jamil pada Media Online Detik.com dan Kompas.com. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Analisis Teks Media (ATM) yakni Analisis Framing model Robert N. Entman yang terdiri dari define problems, diagnoses causes, make moral judgement dan treatment recommendation. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa portal online Detik.com membingkai pemberitaan Pemboikotan Saipul Jamil secara netral dengan menampilkan berbagai sudut pandang. Sedangkan Kompas.com membingkai pemberitaan Pemboikotan Saipul Jamil lebih cenderung memihak korban. Melalui adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan terutama dalam melakukan penelitian dengan topik yang sama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudiyarotin, Alviyaalviyamdy@gmail.comB75218043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZubaidi, Advan Navisadvan@uinsby.ac.id2018118301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Framing; Pemberitaan; Pemboikotan Saipul Jamil; Detik.com; Kompas.com
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alviya Mudiyarotin
Date Deposited: 03 Jul 2022 06:06
Last Modified: 03 Jul 2022 06:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51801

Actions (login required)

View Item View Item