Pola komunikasi orang tua dan guru dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas 3B MIN 1 Tuban saat pembelajaran daring

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Nadha Luthfiyah (2022) Pola komunikasi orang tua dan guru dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas 3B MIN 1 Tuban saat pembelajaran daring. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadha Luthfiyah Firdaus_D97217063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yakni mengenai komunikasi antara orang tua dan guru selama pembelajaran daring. Dimana komunikasi antara orang tua dan guru sangatlah penting dan harus diutamakan pada pembelajaran daring karena siswa melakukan pembelajaran di rumah masing-masing. Dalam hal ini peneliti melakukan wawancara dengan orang tua dan guru kelas dimana yang dilakukan orang tua dan guru agar siswa tetap aktif dalam pembelajaran daring yakni salah satunya dengan adanya komunikasi yang baik antara orang tua dan guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Bagaimana pola komunikasi orang tua dan guru dalam meningkatkan keaktifan siswa 3B pada pembelajaran daring di MIN 1 Tuban? 2) Apa saja hambatan-hambatan yang terjadi dalam komunikasi orang tua dan guru dalam meningkatkan keaktifan siswa 3B saat pembelajaran daring di MIN 1 Tuban? Dan 3) Bagaimana proses keaktifan siswa kelas 3B saat pembelajaran daring melalui komunikasi yang dilakukan antara orang tua dan guru? Metodologi penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana dalam bentuk penjabaran data dilakukan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pola Komunikasi yang dilakukan oleh guru dan orang tua siswa kelas III B yakni pola komunikasi roda dan pola komunikasi bintang. 2) Hambatan-hambatan antara orang tua dan guru antara lain yaitu kurangnya kemampuan orang tua dalam menggunakan media sosial, signal yang kurang memadai dan waktu yang kurang dalam berkomunikasi. 3) Proses keaktifan peserta didik dalam pembelajaran daring yaitu respon siswa saat pembelajaran di grup kelas whatsApp , kegiatan siswa dalam melakukan presensi harian dan kegiatan siswa dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Nadha Luthfiyahnadhaluthfiyah@gmail.comD97217063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas`ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Komunikasi
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Komunikasi Orang tua dan Guru; Keaktifan siswa saat pembelajaran daring; pembelajaran daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadha Luthfiyah Firdaus
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:46
Last Modified: 08 Feb 2022 01:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51809

Actions (login required)

View Item View Item