Efektivitas program Salam Tani menggunakan metode Analisis Indonesia Magnificence of Zakat pada LAZ Nurul Hayat Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukminin, Aldy Yusron (2022) Efektivitas program Salam Tani menggunakan metode Analisis Indonesia Magnificence of Zakat pada LAZ Nurul Hayat Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aldy Yusron Mukminin_G95217026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitiatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu manajer program pendayagunaan LAZ Nurul Hayat, Koordinator lapangan program Salam Tani, staf program LAZ Nurul Hayat Bojonegoro dan mustahik/petani mitra program Salam Tani. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Salam Tani merupakan program pemberdayaan petani padi dengan skema akad salam yang dilakukan oleh LAZ Nurul Hayat Bojonegoro sejak tahun 2018 di desa Krangkong kecamatan Kepohbaru. Program Salam Tani memberikan tawaran harga gabah yang lebih tinggi dari yang biasa dipatok tengkulak serta ada kepastian harga jual sehingga memberikan rasa aman bagi petani yang terlibat dalam program Salam Tani, program Salam Tani berdampak pada peningkatan pendapatan petani dan keilmuan tentang akad salam, ada juga dampak spiritual yang sangat positif bagi para petani yaitu munculnya kesadaran untuk menunaikan zakat pertanian karena sebelumnya para petani di desa krangkong hanya mengenal istilah zakat fitrah saja. Hasil analisis IMZ terhadap efektivitas program Salam Tani pada LAZ Nurul Hayat Bojonegoro yang berpedoman pada aspek penilaian kinerja program pendayagunaan meggunakan metode IMZ, program ini memperoleh nilai efektivitas 92% atau skor sebesar 9,20 dikategorikan dengan huruf mutu AAA atau dapat disimpulkan program Salam Tani di desa krangkong yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Bojonegoro merupakan program pemberdayaan masyarakat yang efektif berdasarkan pengukuran menggunakan metode kinerja program pendayagunaan IMZ. Saran bagi pembaca untuk mendukung program-program LAZ Nurul Hayat Bojonegoro dan memahami pentingnya menunaikan zakat karena dari dana zakat yang dikelola dengan baik akan berdampak positif bagi mustahik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukminin, Aldy Yusronaldimukminin5@gmail.omG95217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandarmawan@uinsby.ac.id2010048001
Subjects: Pemberdayaan
Pertanian
Zakat
Keywords: Program Salam Tani; LAZ Nurul Hayat Bojonegoro; Petani.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Aldy Yusron Mukminin
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:40
Last Modified: 07 Feb 2022 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51822

Actions (login required)

View Item View Item