Analisis fenomena Hate Speech melalui media streaming : studi netnografi pada platform Nimo TV.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruri, Muhammad Ubaidillah (2022) Analisis fenomena Hate Speech melalui media streaming : studi netnografi pada platform Nimo TV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ubaidillah Masruri_I93218080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Meningkatnya kasus ujaran kebencian yang terjadi di dunia esports menjadi alasan peneliti mempelajari kasus ini. Peneliti juga memilih komunitas target dari platform media streaming Nimo TV. Hal ini dikarenakan kedua platform tersebut mudah diakses, memiliki audiens yang besar, dan tertarik untuk mendalami bentuk-bentuk interaksi sosial yang terjadi antara individu dengan masyarakat umum. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif menggunakan model netnografi dan dokumentasi dalam pengumpulan data penelitian. Peneliti Juga menggunakan teori dari tokoh sosiologi kekerasan simbolik karya Pierre Bourdieu sebagai perspektif teori dan rujukan penulis dalam menganalisis data penelitian. Dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, terdapat kalimat-kalimat kasar bernada kebencian atau hate speech yang sering muncul pada kolom komentar para streamer Nimo TV dengan berbagai bentuk ujaran kebencian meliputi penghinaan terhadap para streamer atau organisasi, penghinaan fisik yang menghina fisik sang streamer, sindiran, penistaan agama dengan penggunaan emoticon agama sebagai tambahan komentar kasar, dan pelecehan seksual yang menuduh streamer melakukan perbuatan tersebut. Kedua, menemukan bentuk kekerasan simbolik terhadap para pengguna pada platform media streaming Nimo TV, yaitu adanya ujaran kebencian yang biasa diucapkan di kolom komentar live chat streamer pada platform ini masuk ke alam bawah sadar menyebabkan berubahnya suasana hati secara tidak langsung, sikap dan perilaku sehingga mudah emosi atau cepat marah. Ketiga, ujaran kebencian menimbulkan dampak yang sangat berbahaya terhadap penggunanya, dampak-dampak tersebut juga meliputi dampak secara fisik dengan gejala fisik sesak nafas, menderita sakit kepala bahkan sampai melakukan tindakan yang diluar nalar. Dampak lain yang ditimbulkan dari adanya ujaran kebencian juga dialami secara psikis atau mental para korban seperti perasaan tertekan, marah, sedih, tidak nyaman, malu, takut, tidak percaya diri dalam melakukan kegiatan apapun. Hal yang paling buruk lagi dari adanya fenomena ujaran kebencian ini adalah terjadinya konflik antar kelompok karena terprovokasi kalimat-kalimat bernada kebencian

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruri, Muhammad Ubaidillahubaidillahmasruri35@gmail.comI93218080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Internet
Keywords: Ujaran Kebencian; Media Streaming; Kekerasan Simbolik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Muhammad Ubaidillah Masruri
Date Deposited: 03 Jul 2022 07:26
Last Modified: 03 Jul 2022 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51824

Actions (login required)

View Item View Item