أنواع المقطع في الأفعال في سورة النساء (دراسة علم الأصوات)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Abid Tania (2022) أنواع المقطع في الأفعال في سورة النساء (دراسة علم الأصوات). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abid Tania Rahmawati_A91217089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang macam-macam suku kata pada kata kerja dalam surat An-Nisa, penelitian yang di gunakan adalah kajian ilmu Ashwat (fonologi). Di dalam ilmu ashwat terdapat pembahasan megenai maqtha’ dan pengertian dari maqtha adalah unsur bunyi yang tidak bisa lepas dari bunyi atau kalimat yang di ucapkan dari pita suara. Dan suku kata diartikan sebagai unit terkecil dari sebuah kata yang mana dalam maqtha harus terdiri dari vokal pendek, vokal panjang dan beberapa konsonan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Surat An-Nisa’ sebagai objek penelitian. Surat An-Nisa’ merupakan surat Madaniyah yang merupakan surat ke-empat di dalam Al-Qur’an, Surat An-Nisa’ memiliki ayat berjumlah 176 ayat. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif karena data yang di peroleh peneliti bukan berupa angka melainkan kata-kata, dan metode yang di gunakan oleh peneliti dalam menemukan data penelitian dengan mencari data pada objek yaitu pada Surat An-Nisa’ yang berupa suku kata (maqtha’). Adapun hasil yang peneliti peroleh dalam penelitian ini adalah macam-macam suku kata di dalam Surat AN-Nisa’ diantaranya, 1). fiil yang berjumlah 804 fiil, 2). maqtha’qashir (suku kata pendek) yang berjumlah 1063 maqtha’ qashir, 3). maqtha’ mutawasit al muglaq (suku kata tengah-tengah tertutup) yang berjumlah 691 maqtha’ mutawasit al mughlaq, 4). maqtha’ mutawasit al maftuh (suku kata tengah- tengah terbuka) yang berjumlah 588 maqtha’ mutawasit al maftuh, 5). maqtha’ thawil al maftuh (suku kata panjang) yang berjumlah 88 maqtha’ thawil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Abid Taniaabidtania150500@gmail.comA91217089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbet, Abdullohubaid.auza@gmal.cm2007056602
Subjects: Al Qur'an
Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Macam macam maqta; Surat an Nisa'.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: abid tania rahmawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:19
Last Modified: 07 Feb 2022 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51839

Actions (login required)

View Item View Item