Gerakan sosial Eks-Hizbut Tahrir Indonesia di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vindy, Vindy (2022) Gerakan sosial Eks-Hizbut Tahrir Indonesia di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vindy_ E91217056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara kualitatif menjelaskan cara menyusup dan arah upaya gerakan sosial eks-HTI di Masjid Al-Firdaus Sidoarjo perspektif McAdam dalam menggambarkan kondisi politik seperti apakah yang mendorong eks-HTI menyusup ke Masjid Al-Firdaus Sidoarjo. Adapun terkait cara menyusup mereka melalui pemanfaatan dan pengelolaan masjid yang belum memiliki struktur komunitas dakwah masjid yang aktif. Terkait arah upaya gerakan sosial eks-HTI Sidoarjo melalui politisasi Islamlah guna mengurangi dampak negatif tekanan negara terhadap eksistensi mereka. Sehingga, mereka memanfaatkan terbukanya struktur kesempatan dakwah di komunitas Remaja Masjid Al-Firdaus Sidoarjo dengan cara membentuk sejumlah gerakan baru dengan diam-diam menyebarkan konten kajian online dan buletin dakwah kepada beberapa jemaah pilihan mereka melalui pemanfaatan pembentukan anak cabang komunitas dakwah baru mereka. Sehingga, melalui gerakan baru anak cabang komunitas dakwah baru mereka tersebut mempermudah pencarian berbagai cara dalam pembaharuan gerakan untuk memperkuat cita-cita dan ideologi lama mereka, salah satunya dengan mengusahakan pertambahan anggota baru dalam mendukung Khilafah Islamiyah versi mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vindy, Vindy1998.vindy@gmail.comE91217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Amin, Ainur Rofiqar.alamin1972@gmail.com2025067201
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Ideologi Islam
Politik > Politik Islam
Keywords: Gerakan Sosial; eks-HTI; Masjid Al-Firdaus Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Vindy Suyanto
Date Deposited: 11 Feb 2022 11:10
Last Modified: 11 Feb 2022 11:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51858

Actions (login required)

View Item View Item