Analisis hukum islam terhadap tindakan suami yang melalaikan kewajiban kepala keluarga sebagai bentuk berbaktinya kepada orang tua: studi kasus di Desa Tempel Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Rosa Roudhotul (2022) Analisis hukum islam terhadap tindakan suami yang melalaikan kewajiban kepala keluarga sebagai bentuk berbaktinya kepada orang tua: studi kasus di Desa Tempel Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosa Roudhotul Jannah_C91217076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian hukum yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan dari data yang telah diperoleh serta dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pola pikir metode deduktif yaitu memaparkan dan menjelaskan teori tentang hak dan kewajiban suami, istri dan anak serta mengangkat sebuah kasus tindakan suami yang melalikan kewajiban kepala keluarga sebagai bentuk berbaktinya kepada orang tua di Desa Tempel Kec. Krian Kab. Sidoarjo, yang kemudian kasus tersebut akan dianalisis menggunakan hukum islam. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa: pertama, tindakan suami yang melalaikan kewajiban sebagai kepala keluarga yaitu kelalaian dalam hal nafkah, dengan bertindak secara tidak adil kepada istri dan orang tuanya terkait kadar nafkah yang diberikan, yaitu orang tuanya mendapat kadar yang lebih tinggi dari istrinya sehingga keluarga kecilnya mengalami kekurangan dalam mecukupi kebutuhan sehari-hari. Kedua, tindakan suami tersebut tidak dibenarkan walaupun alasannya yaitu untuk diberikan kepada orang tua. Menafkahi orang tua ialah hal wajib dengan syarat mampu, jika belum mampu maka dapat menafkahi semampunya. Sehingga dalam melaksanakan kewajiban tersebut jangan sampai melalaikan kewajiban yang lain yaitu menafkahi istri. Sebab Islam merupakan agama yang menekankan dan menjujung sebuah keadilan dalam setiap sendi kehidupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Rosa Roudhotulrosajannah05@gmail.comC91217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuwahid, Muwahidmuwahid@uinsby.ac.id2010037801
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Keluarga; suami yang melalaikan kewajiban; kepala keluarga.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Jannah Rosa Roudhotul
Date Deposited: 09 Feb 2022 01:43
Last Modified: 09 Feb 2022 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51860

Actions (login required)

View Item View Item