Pengembangan media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Islamiyah Tulungagung Baureno Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuschaiya, Diana (2022) Pengembangan media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Islamiyah Tulungagung Baureno Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Zuschaiya_F02A19287.pdf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran flashcard, kevalidan media pembelajaran flashcard, dan keefektifan hasil pengembangan media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di MI Islamiyah Tulungagung Baureno. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk (media flashcard) dengan desain yang disesuaikan dengan teori perkembangan kognitif siswa dan kebutuhan siswa, serta diperbaiki berdasarkan saran-saran para ahli. Media flashcard yang dikembangkan terdiri dari dua sisi (sisi depan dan belakang), bergambar, dibuat sebanyak 13 buah berukuran 20 cm x 20 cm sebagai media penanaman konsep dan 16 buah berukuran 10 cm x 10 cm sebagai media permainan (penguat pemahaman konsep). Hasil uji ahli menunjukkan bahwa media flashcard dari aspek media mendapatkan nilai rata-rata 92,5%, aspek materi 95,3%, dan ahli psikologi 91,7% yang berada pada kategori sangat valid/layak. Hasil penilaian ahli ini telah diuji dengan Aiken’s V yang menunjukkan bahwa CVI ≥ 0,8, artinya media flashcard yang dikembangkan peneliti memiliki validitas yang tinggi. Sedangkan dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa, media flashcard dinyatakan efektif. Hasil uji independent sample t test menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk kelompok eksperimen (media flashcard) dan kelompok kontrol (media ular tangga). Nilai rata-rata (mean) N-Gain kelompok eksperimen adalah 0,4 berkategori sedang (cukup efektif), sedangkan nilai pada kelompok kontrol adalah 0,1 berkategori rendah (kurang efektif). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media flashcard lebih efektif daripada media ular tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuschaiya, Dianahelmyinzaghi26@gmail.comF02A19287
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Keywords: Flashcard; kemampuan berpikir kritis; pelajaran matematika
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Diana Zuschaiya
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:40
Last Modified: 10 Feb 2022 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51862

Actions (login required)

View Item View Item