تحلبل الأخطاء النحوية في كتابة مشتركي الدورة اللغوية المكفة ببابان تولس الجزء الثاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alghani, Muhammad Ilham Refo (2022) تحلبل الأخطاء النحوية في كتابة مشتركي الدورة اللغوية المكفة ببابان تولس الجزء الثاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ilham Refo Alghani_ A01218019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan dan berputar di masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan besarnya antusiasme bermacam-macam elemen masyarakat untuk mempelajari bidang ini. Tidak sedikit dari mereka yang tertarik untuk mempelajarinya tidak terkecuali pada masa pandemi saat ini. Dan juga pada masa pandemi saat ini peminat Bahasa Arab tidak dapat mempelajarinya secara langsung atau tatap muka melainkan dengan menggunakan media digital.Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui kemampuan menulis peserta program intensif berbahasa yang diadakan oleh platform pembelajaran digital Papantulis dalam bidang ilmu nahwu dengan meneliti kesalahan nahwu dalam tulisan jawaban latihan harian peserta program intensif berbahasa di Papantulis Juz ke 2. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis kesalahan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk kesalahan nahwu dalam tulisan jawaban peserta, dan mengungkap factor-faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Penelitian ini diharapkan memberikan evaluasi terhadap system pembelajaran LMS yang diterapkan oleh platform ini dan bisa menjadi inovasi untuk perkembangan kedepannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat lima puluh tiga kesalahan yang terjadi. Data yang diambil dari tujuh peserta program ini menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kesalahan yang terjadi.Diantara faktor-faktor penyebab kesalahan tesebut ialah kurangnya kemampuan dalam menerapkan teori yang dipelajari, atau tidak tahu mengenai kaidah yang digunakan dalam tulisan tersebut. Hal ini terjadi karena kurang telitinya peserta dalam mengikuti pembelajaran dan juga perbedaan tingkat keilmuan Bahasa Arab antara satu dan yang lainnya disebabkan oleh latar belakang pendidikan Bahasa arab sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alghani, Muhammad Ilham Reforefoilham71@gmail.comA01218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmad--2008066801
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Nahwu; Bahasa arab.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: muhammad ilham refo alghani
Date Deposited: 09 Feb 2022 17:37
Last Modified: 09 Feb 2022 17:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51863

Actions (login required)

View Item View Item