Strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan siswa di SMK Al Muniroh Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nada, Naylun (2022) Strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan siswa di SMK Al Muniroh Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naylun Nada_D93216082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendapatkan gambaran mengenai strategi yang dilakukan oleh pimpinan/ kepala sekolah sebagai usaha untuk menumbuhkan motivasi kewirausahaan siswa di SMK Al Muniroh Ujungpangkah Gresik. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala sekolah, bagaimana implementasi dari strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan siswa, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bentuk strategi yang diterapkan adalah strategi pemanfaatan sumber daya, yang mana sumber daya tersebut termasuk sumber daya manusi yang dimanfaatkan sebaik mungkin oleh kepala sekolah. Implementasi strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan siswa adalah dengan mengikutsertakan siswa dalam program kewirausahaan, kemudian membentuk tim kewirausahaan dan dibagi sesuai dengan tugas masing-masing. Sementara untuk faktor pendukungnya adalah semangat dari sumber daya manusia yakni guru dan siswa dalam kegiatan kewirausahaan sehingga terlaksana dengan baik, kompetensi yan dimiliki guru sehingga mampu mengajak dan memotivasi siswa dalam kegiatan kewirausahaan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya anggaran dana dan waba penyakit covid-19, sehingga sedikit terhambat dalam proses produksinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nada, Naylunfenasehwa@gmail.comD93216082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mansyurimansyuri@uinsby.ac.id2012085201
Thesis advisorBawani, Imam--0730037901
Subjects: Kepala Sekolah
Keywords: Strategi; Kepala sekolah; Motivasi Kewirausahaan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Naylun Nada
Date Deposited: 09 Feb 2022 17:53
Last Modified: 09 Feb 2022 17:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51871

Actions (login required)

View Item View Item