Pengorganisasian masyarakat berbasis ekonomi kreatif melalui kerajinan anyaman bambu di Dusun Krajan Desa Jarit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Fenny Fatimatuz (2021) Pengorganisasian masyarakat berbasis ekonomi kreatif melalui kerajinan anyaman bambu di Dusun Krajan Desa Jarit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fenny Fatimatuz Zahroh_B02217009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada ibu-ibu yang ada di dusun Krajan, mereka memilih tanaman bambu untuk dijadikan bahan inovasi usaha bersama. Alasan memilih tanaman bambu dikarenakan tumbuh subur dan liar di area dusun Krajan.Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yakni salah satu cara mengorganisir masyarakat untuk mengelola aset menuju perubahan. Impian akan terealisasikan apabila masyarakat mempunyai mimpi yang kuat untuk mengembangkan aset atau potensi yang ada baik dari SDA (Sumber Daya Alam) maupun SDM (Sumber Daya Manusia). Aksi yang telah dilakukan oleh peneliti bersama dengan ibu-ibu dusun Krajan yakni meningkatkan ekonomi kreatif melalui kerajinan anyaman bambu telah membawa perubahan di kehidupan ibu-ibu dusun Krajan dan membawa hasil yang maksimal. Ibu-ibu dusun Krajan mampu mengasah potensi dan mengelola aset alam yang telah dimiliki dan memanfaatkannya sebagai bahan kerajinan yang bernilai jual tinggi, dan mereka mendapatkan penghasilan tambahan dari aset tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Fenny Fatimatuzfennyfatimatuzzahroh@gmail.comB02217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id197605182007012022
Subjects: Ekonomi
Keywords: Pengorganisasian; ekonomi kreatif; Kerajinan; dan Anyaman Bambu.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fenny Fatimatuz Zahroh
Date Deposited: 14 Feb 2022 15:41
Last Modified: 14 Feb 2022 15:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51876

Actions (login required)

View Item View Item