Pemberdayaan kelompok dasa wisma dalam peningkatan ekonomi melalui Bank Sampah di RW 05 Kelurahan Sidotopo Kecamatan Semampir Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indahsari, Mega Putri (2021) Pemberdayaan kelompok dasa wisma dalam peningkatan ekonomi melalui Bank Sampah di RW 05 Kelurahan Sidotopo Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mega Putri Indahsari_B02217018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghubungkan antara harapan dan asset yang dimiliki. Subjek dalam pendampingan ini adalah kelompok Dasa Wisma di Kelurahan Sidotopo. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan ABCD dimana dalam pendekatan ini mengutamakan asset pada masyarakat. Melihat gelas setengah terisi dan fokus pada isinya merupakan konsep pada pemberdayaan ini. Pada penelitian ini memperoleh data dari observasi, FGD (Focus Grup Discussion) dan wawancara. Sampah yang merupakan asset alam dan keterampilan dalam mengelolanya adalah focus dalam penelitian ini.Dari pendampingan ini terdapat beberapa perubahan. Dari pelatihan manajemen keuangan dan pemasaran yang dilakukan masyarakat memiliki pengetahuan baru seperti dapat mengelola keuangan dari bank sampah, mengetahui cara pengemasan produk kerajinan dari sampah plastik yang baik, bisa menentukan harga jual sebuah produk, dan melakukan perluasan jaringan pemasaran melalui media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indahsari, Mega Putriis9599543@gmail.comB02217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, PudjiRahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan kelompok Dasa Wisma; Peningkatan Ekonomi dan asset.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mega Putri Indahsari
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:19
Last Modified: 10 Feb 2022 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51880

Actions (login required)

View Item View Item