Penguatan kapasitas komunitas pengolah kopi tradisional di Dusun Ngawen Desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Humairoh, Putri Kholidah (2021) Penguatan kapasitas komunitas pengolah kopi tradisional di Dusun Ngawen Desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Kholidah Humairoh_B02217023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penguatan pengolah kopi yang ada di Dusun Ngawen yang diturunkan oleh nenek moyang yang bernama Mak Ju dan masih dijaga sampai sekarang karena kopi ini merupakan kopi yang berbeda pada umumnya yaitu memiliki rasa yang lebih legit ada pahit dan ada gurih nya juga, rasa tersebut menjadi ciri khas kopi Mak Ju. Selain itu kopi tersebut masih di racik secara tradisional.Jenis penelitian ini yaitu menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development), yang dimana masyarakat Dusun Ngawen memanfaatkan aset yang ada. Cara untuk menyelesaikan permasalahan yaitu dengan menjaga aset pengolahan kopi tradisional dan memperkenalkan kembali kopi tradisional agar tidak kalah saing dengan kopi modern. Dalam metode ini memiliki 5 tahap yaitu (1) Discovery, yaitu tahapan mengidentifikasi sesuatu yang baru, (2) Dream, yaitu tahapan impian yang diinginkan masyarakat, (3) Design, yaitu tahapan penemuan baru yang berkaitan dengan proses perencanaan, (4) Define, yaitu tahapan membentuk kekuatan sebuah kelompok, (5), Destiny, yaitu tahapan merealisasikan yang sudah di susun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi penguatan kapasitas komunitas pengolah kopi tradisional di Dusun Ngawen Desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik, kemudian untuk mengetahui hasil pemberdayaan masyarakat dalam melakukan penguatan kapasitas komunitas pengolah kopi tradisional di Dusun Ngawen Desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik, dan untuk mengetahui kaitan dakwah pemberdayaan dan pengolah kopi di Dusun Ngawen Desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik.Hasil dari pengorganisasian ini yaitu dengan melakukan strategi untuk mengembangkan tradisi pengolahan kopi ngawen menjadi berbagai macam produk makanan berupa kopi tumbuk, kopi bubuk, puding kopi yang menjadi nilai tambah ekonomi warga dusun ngawen

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Humairoh, Putri Kholidahputrihumairoh030@gmail.comB02217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@uinsby.ac.id197804192008012014
Subjects: Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Penguatan Kapasitas; Pengolah Kopi Tradisional.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Putri Humairoh
Date Deposited: 12 Feb 2022 09:55
Last Modified: 12 Feb 2022 10:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51883

Actions (login required)

View Item View Item