Tinjauan hukum islam dan undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan terhadap mekanisme pembayaran upah guru honorer di SDN Ngembeh 2 Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Nadzi Fatun Nur (2022) Tinjauan hukum islam dan undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan terhadap mekanisme pembayaran upah guru honorer di SDN Ngembeh 2 Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadzi Fatun Nur Khoiriyah_C92218160.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dengan informan di SDN Ngembeh 2 guna mengumpulkan data mengenai mekanisme pembayaran upah guru honorer. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu metode yang prosedur pemecahan masalah penelitiannya diselidiki dengan mengambil fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Menurut hukum Islam mekanisme pembayaran upah guru honorer sah karena telah memenuhi rukun dan syarat ijārah meskipun tidak sesuai dengan prinsip ijārah. (2) Menurut Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan terhadap mekanisme pembayaran upah guru honorer tidak sesuai dengan pasal 78 karena seharusnya pekerja yang melakukan pekerjaan melebihi waktu kerja maka berhak mendapatkan upah tambahan dari pemberi kerja meskipun tambahan upah yang didapatkan tidak sebanyak buruh pabrik dan pasal 88 karena upah yang didapatkan guru honorer kurang layak.Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan di atas, maka saran kepada kepala sekolah agar mencari solusi mengenai mekanisme pembayaran upah, kepada guru honorer agar lebih mengetahui mekanisme pembayaran upah serta lebih mengedepankan rasa keikhlasan dalam memberikan ilmu kepada anak didiknya di sekolah, dan kepada pemerintah hendaklah mencari solusi untuk kesejahteraan guru honorer di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Nadzi Fatun Nurnadhif042000@gmail.comC02218160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Subjects: Hukum Islam
Tenaga Kerja
Keywords: Gaji; upah; ketenagakerjaan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: NADZI FATUN NUR KHOIRIYAH
Date Deposited: 11 Feb 2022 15:20
Last Modified: 11 Feb 2022 15:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51885

Actions (login required)

View Item View Item