NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MAULID AD-DIBA’I DAN KORELASINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulina H, Nida (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MAULID AD-DIBA’I DAN KORELASINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak menempati posisi yang sangat penting dalam Islam, karena kesempurnaan tergantung kepada kebaikan dan kemuliaan akhlaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Maulid ad-Diba’i dan korelasinya tentang tujuan pendidikan
Islam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun langkah dalam penelitian ini adalah
mencari dan menemukan data dengan membaca, mengkaji, mempelajari literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang akan di bahas, kemudian data dikumpulkan, dan di analisa dengan baik sesuai dengan aturan yang ditentukan. Teknik yang digunakan adalah record (dokumentasi) yaitu dengan menghimpun data-data yang
menjadi kebutuhan penelitian dari berbagai dokumen yang ada baik berupa buku, artikel, jurnal dan lainnya sebagai data penelitian dan dianalisis menggunakan content
analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Maulid ad-Diba’i mencakup dua aspek yaitu, makhluq
dengan khaliq (akhlak mengenai manusia dengan Allah SWT) yang meliputi: taubat, syukur , dan dzikrullah dan makhluq dengan makhluq (hubungan manusia dengan
manusia) yang meliputi: sabar, tawadhu’ (rendah hati), as-shidqu (benar), kasih sayang, teladan yang baik, pemaaf, saling menghargai, dan lemah lembut. Kedua, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Maulid ad-Diba’i mempunyai korelasi dengan tujuan pendidikan Islam. Karena nilai-nilai akhlak dalam kitab tersebut merupakan akhlak kenabian yang akan di jadikan contoh untuk menjadi seseorang yang selalu dalam kebaikan dengan membiasakan diri berperilaku baik yang berpedoman pada Al-Qur’an sehingga mencapai kedewasaan, yang akan menimbulkan kepribadian yang utama dan dapat meraih tujuan tertinggi agama Islam yakni kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Sebagaimana yang menjadi tujuan dalam pendidikan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulina H, NidaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan Islam
Keywords: Designing Learning; Continuum As A Basis; Constructing Diagnostic Test
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NIDA ULINA HUSNAYAINI
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:18
Last Modified: 05 Apr 2016 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item