Gaya hidup masyarakat kelas menengah di Perumahan Deltasari Indah dalam tinjauan teori stratifikasi Sosial Max Weber

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adlina, Erda Firasd (2022) Gaya hidup masyarakat kelas menengah di Perumahan Deltasari Indah dalam tinjauan teori stratifikasi Sosial Max Weber. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erda Firasd Adlina _I93218066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah bagaimana perilaku gaya hidup yang diterapkan masyarakat Perumahan Deltasari Indahkelas menengah dilihat berdasarkan sosial, sosial budaya, ekonomi, dan agamanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku gaya hidup yang diterapkan masyarakat Perumahan Deltasari Indah kelas menengah dilihat berdasarkan sosial, ekonomi, dan agamanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stratifikasi Sosial Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Warga perumahan Deltasari Indah hidup bersosialisasi, saling berbaur dan tolong menolong dikarenakan mereka sudah saling mengenal satu sama lain sehingga muncul ikatan emosional pada diri mereka. (2) Warga perumahan Deltasari Indah memiliki kebiasaan sosial yaitu membagikan kotak makanan saat ada peringatan tertentu dalam keluarganya seperti peringatan 100 hari, khitanan, lahiran, aqiaqah. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan sebuah keberkahan. (3) Warga perumahan Deltasari Indah menggunakan uangnya untuk kebutuhan yang dianggapnya penting tetapi kadang kala juga menggunakan uangnya untuk keinginannya seperti berlibur bersama keluarga. Selain itu, warga perumahan Deltasari Indah tidak tertarik untuk membeli barang branded dengan alasan mahal. Beberapa diantara mereka juga menjadikan mobil sebagai kebutuhan primer. (4) Keagamaan yang dilakukan oleh warga perumahan Deltasari Indah yaitu menjalankan ibadah sesuai keyakinan masing-masing ada yang menjalankannya di rumah, ada juga yang menjalankannya di masjid. Tetapi, saat ada hari raya besar, mereka berbondong- bondong untuk menjalankan ibadah berjamaah. Begitu pula saat hari idul adha datang, mereka menyembelih hewan qurban yang didapat dari iuran warga

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adlina, Erda Firasderdafirasad20@gmail.comI93218066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Golongan Sosial
Masyarakat
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Gaya hidup; kelas menengah; warga Perumahan Deltasari Indah.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: erda firasd
Date Deposited: 14 Feb 2022 00:21
Last Modified: 14 Feb 2022 00:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51907

Actions (login required)

View Item View Item